mengobati keseleo tanpa pijat

June 01, 2014

Jadi hari minggu pagi bangun tidur ada yang gak enak di pergelangan tangan kiri emak,senut senut senut gitu rasanya.Karena watik mau ke gresik jenguk anaknya kura si kamila which is my best friend,also kamila juga nanti bakal jadi best friendnya hafsa (mbulet kan?) excited lah!gak kerasa habis jadi AGRG Anak Gaul Ramayana Gresik pulang sampe rumah kok senut-senutnya makin parah..habis mandi lah kok bengkak tapi masih bisa buat gendongin hafsa.

Senin pagi buta gak bisa tidur,tiba2 tangaan bengkak bos!waduh mateng ini tangan keseleo nih..bangunin omega cuman bilang gini "Besok pagi pijet"..
alamakjang loro koyok ngene dipijet,,nangis-nangis bangunin omega lagi "aku dulu main sepakbola sering keseleo 1 minggu waras...nek kamu betah".OK!deal saya pakai opsi yang ke 2 TAK BETAHNO!sambil mbetahno nih tangan tetep loh mau ajah diajak masak soto ayam lamongan yang udah dipinginin.Omega browsing sana sini nemu cara ini dari SINI!

Tindakan Rest artinya pasien harus mengistirahatkan dan melindungi wilayah otot yang cedera. Jika terasa sakit saat menahan beban, gunakanlah penopang, dan jika terasa sakit untuk menggerakan bagian yang cedera, lindungi dengan  splint atau kayu belat.

Tindakan Ice artinya kompres bagian cedera dengan es atau sesuatu yang dingin.  Pendinginan dapat mengurangi reduce pembengkakan dan rasa sakit di bagian cedera. Langkah ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Tempelkan kain dingin atau es yang dibalut pada bagian cedera selama 20 menit tiga kali sehari dalam 24 jam pertama.

Tindakan Compress artinya tekan bagian yang mengalami cedera dengan menggunakan perban khusus (ace bandage). Kompresi ini dapat mengurangi pembengkakan di sekitar cedera.  Meskipun balutan ini harus rapi, pastikan bahwa perban ini tidak terlalu ketat karena dapat menimbulkan mati rasa, geli atau bahkan menambah rasa sakit.

Pada tindakan Elevation, pasien sebisa mungkin harus mengangkat bagian cedera lebih tinggi di atas jantung. Misalnya jika yang cedera pergelangan kaki,  upayakan pasien dalam posisi tidur kemudian pergelangan kaki diangkat atau ditopang dengan alat supaya posisinya lebih tinggi dari jantung. Teknik ini mengacu pada prinsip bejana berhubungan dan berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian cedera.
Lah artikel ini yang ngomong dokter men!!bahkan ada tulisannya gini
Metode RICE, lanjut Dr Tanya, sebaiknya diterapkan pada pasien selama 48 hingga 42 jam pascacedera. Pasien juga sebaiknya menghidari pemijatan atau urut karena dapat memperparah cedera. "Baru setelah menjalani metode ini (RICE), pasien boleh mendapat terapi lainnya seperti fisioterapi, terapi panas atau pemijatan.  Jika pasien langsung diurut atau dipijat justru menambah parah. Kalau yang diurut ternyata cedera akibat otot sobek, tentunya akan berbahaya," tambahnya.
Yah weslah,pagi omega pergi ke apotik buat beli perban coklat macam atlet gitu,harganya radak mahal yah sekitar 50rb.an,langsung ikutin caranya kompress air botol dingin,diangin-angin bentar langsung di perban.
Dengan bermodal kementus dari kami berdua diperban lah bagian yang sakit,bukannya malah enakan lah kok nyerinya malah menjalar,usut punya usut kami berdua memang kementuskebangetan salah cara perbannya!
ini contoh perban yang salah..udah salah pake gaya!



Nah mau tau kan yang bener gimana?? yang bener ini kek gini,watik kasih videonya ajah wes,,apa sih yang enggak buat kamyu :3
Alhamdulillah setelah di perban dengan benar dikompres di isttirahatkan dan di ganjel bantal saat tidur supaya posisi tangan lebih tinggi dari jantung.Hari jumat pagi sudah bisa cuci piring,njemur baju,manddin hafsa,dan Alhamdulillah hari minggunya lagi aka 1 minggu kemudian emak gak pake perban udah bisa ngetik nih :).Langkah selanjutnya yah mau pijet lah seprti yang dibilang dokter tadi.

Sekian tips dari watik,kalo keseleo gak usah buru2 pijet deh!iyah kalo bener kalo enggak makin parah loh bisa2 nyembuhinnya makin susah.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe