REVIEW BUKU JAHIT : Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar oleh SOEKARNO

By emakwatik - 9/21/2014

Watik ini pengen banget menjahit baju sendiri yang pas di badan.Bentuk badan yang lebar dibeberapa bagian,dan tubuh yang kurang tinggi,cukup menyulitkan kalo pengen cari baju yang pas.Kalo baju beli dibadan pas,tapi seringnya bagian bawah menjuntai dan membuat watik terpaksa memakai sepatu hak atau watik terlihat tenggelam.Finally pas lagi jalan-jalan di dunia maya searching soal buku jahit membuat pola busana,cringgg keluarlah  result BUKU PENUNTUN MEMBUAT POLA BUSANA TINGKAT DASAR oleh SOEKARNO.Habis lihat sepenggal di googlebooks.com,watik putuskan untuk membeli.


Buku membuat pola busana ini cukup laris manis loh,dikalangan para pecinta seni jahit menjahit BUKU PENUNTUN MEMBUAT POLA BUSANA TINGKAT DASAR oleh SOEKARNO  menjadi buku wajib.Walhasil ketika watik iseng cari di toko buku online,kebanyakan stock habis,di gramedia juga habis (update:minggu kemarin ke gramedia sudah di restock).Domisili watik di surabaya memang gak susah untuk mencari toko buku alternatif selain Gramedia.Jadi berangkatlah watik ke toga mas (kosong),ke toko buku sebelum uranus (kosong,malah dapet buku lain,nanti yah watik review juga),Uranus ada!yipeee..Harganya sebenarnya gak terlalu mahal cuman 65rb dan diskon jadi sektiar 50rban.

*update : kalian bisa beli di SHOPEE harganya cuman 62ribu ajah langsung aku kasih link buat cuss beli yah (klik disini)



oke saya kasih foto-fotonya dulu yah nanti baru reviewnya,So lets chek it out

COVER
DAFTAR ISI

PENGUKURAN BADAN
Kalo malas ngukur bisa pakai ukuran standart

Contoh Pembuatan Pola

BAJU ANAK UNTUK HAFSA yiee!!


 Oke watik review point by point ajah yah biar ringkas.
  • Harga buku tidak terlalu mahal
  • Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar ini  memang cocok untuk para  penjahit pemula yang ingin membuat pola
  • Layout buku terkesan lama dan jadul
  • Di halaman awal ada beberapa macam metode pembuatan pola.
  • Step by step cara membuat pola busana / baju cukup mudah dimengerti
  • Tidak ada tutorial cara menjahit bajunya,karena sudah tertera di judul buku,bahwa buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar memang untuk membuat pola baju / busana saja.
  • Pengukuran bagian tubuh lumayan banyak,watik ada beberapa buku bule (nanti direview),tidak sebanyak ini mengukurnya,mungkin karena di dalam buku ini terdapat metode pembuatan pola yah
  • Ada pola untuk busana/baju anak baik untuk anak perempuan maupun laki-laki
  • Disertakan ukuran standart S-M-L kalo tidak ingin mengukur badan sendiri,yang disayangkan tidak ada ukuran XS dan XL 
  • Beberapa pola untuk kerah baju dan saku cukup lengkap 
  • Materi pembuatan pola hampir sama dengan lembaga kursus menjahit tingkat dasar.(berdasar pengamatan buku les jahit ibu.nya watik)
Sekian review buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar ,kesimpulannya buku ini memang wajib dimiliki,apalagi untuk yang ingin bisa menjahit baju sendiri yang pas ditubuh.Terus,watik sudah pernah coba?sudah bikin pola baju buat anak hafsa tapi belum sempat diaplikasikan ke kain terus dijahit.Kalo dilihat hasilnya sih sama kayak pola baju anak yang biasanya free tutorial :).

*update 29 desember 2015 : Buku ini Juara!!Saat ini lagi mood seriusan belajar bikin pola baju dan mencoba membuat banyak pola dari berbagai metode.Asyiknya saya gak perlu pindah dari buku satu ke buku yang lain,cukup satu buku soekarno penuntun membuat pola busana tingkat dasar saja.Di Gramedia saya lihat buku untuk tingkat dasar sudah kosong dan digantikan untuk tingkat mahir dengan penulis yang sama.Well untuk pemula saya sarankan mending beli yang untuk pemula saja.See you saya mau main garis-garisan dulu yah

Dont forget to leave a comment.


  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Terimakasih sis untuk sharing informasinya.. :D

    BalasHapus
  2. Hai mba, mau tanya. Itu dibukunya soekarno pake metode apa ya polanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metodenya lengkap mbak,,ada so-en ,dress making dkk..yuk beli ajah gak rugi kok

      Hapus
    2. Beli dmn yah mba...saya nyari2 ga ketemu...

      Hapus
    3. Beli dmn yah mba...saya nyari2 ga ketemu...

      Hapus
  3. Beli bukunya dimana mba? Tolong cetak ulang yang banyak

    BalasHapus
  4. Beli bukunya dimana mba? Tolong cetak ulang yang banyak

    BalasHapus
  5. yang mau beli bisa online lewat bukukit@, lagi diskon tuh saya lihat.

    BalasHapus
  6. saya juga punya bukunya mbak....
    Dan sekarang sedang menikmati masa menjadi penjahit rumahan...
    Enaknya bisa kerja di rumah....
    duniamenjahitbundaaira.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Hai mak, aq baru baca blog-mu. Alhmdlh berguna bgt mak, terimakasih.
    Aq lagi bgt belajar menjahit dan sama skali gatau cara bikin pola. Kayanya aq jg bakalan beli buku ini deh. Cuma mau tanya, buku pola ini udah disisipin kaya berapa senti di sisain buat jahit jg ga? Aq ini muri bkin pola aja?

    BalasHapus
  8. Taraaaaa. Aku akhirnya beli buku itu berkat googling dan saran dari mba watik. Emang teremejiing banget lengkap abis untuk yang pemula macam aku wajib banget punya buku ini. Dan ada sedikit kebingungan nih mba, kan di buku itu ada ukuran standar wanita dewasa yah, nah setiap size ada 2 kolom, misal aku ambil size M mana yang harus ku pilih antara lingkar badan 86 cm atau 90cm. Maksudku kenapa ada 2 kolom setiap size nya. Mohon pencerahaanya suhu. Matursuwun.

    BalasHapus
  9. assallamualaikum mbak, mbak saya juga pingin belajar menjahit, dimana ya saya bisa membeli bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di gramedia kmaren lg promo itu mba

      Hapus
  10. kemaren sempet mo beli ini. oke mak. cuss ke toko buku. kuat kan iman, biar ga kalap

    BalasHapus
  11. Kalok buku langkah dan cara menjahit pakek buku apa ya mbk?

    BalasHapus
  12. Makasih banget lho mbak , akhirnya saya bisa membulatkan tekad, barusan saya baru pesen buku nya,dan akan tiba dlm waktu 2-3 hari 🤗 sekarang 2021 harga buku nya naik sampe 100k+ 🤣

    BalasHapus
  13. Udah beli, gak kekinian menurutku..dan penjelasannya kurang terus beberapa salah ketik, jd kdang bingung dengan rumus dan pola yg dibuat, kecewa banget, mana harganyanya 120ribu kan mendingan beli buku lain..atau kalau mau penasaran, belinya di google play aja harganya 46ribu..jd kalau gak cocok, gak rugi2 banget

    BalasHapus
  14. makasih kak reviewnya kebetulan lagi cari buku jahit untuk Belajar menjahit pemula

    BalasHapus