Tips merawat mesin jahit

By emakwatik - 11/21/2014

"Kalo punya barang itu di eman-eman" celetuk utinya hafsa sambil ngelap kasih oli ke mesin jahit vintagenya yang mungkin usianya 15 tahunan.Sambil uti terus ceramah watik jadi kesember keingat mesin jahit ama mesin obras dirumah,duh kapan terakhir di rawat yah.Oh inget..1bulan lalu bersihkan mesin jahit,1minggu lalu kasih oli ke mesin obras.Tapi..."biar mesin.nya enak alus jahitane apik" uti berceletuk lagi.

 Beberapa tips dilontarkan oleh utinya hafsa,dan gak ketinggalan pula watik yg pegang xiaomi (ciee pamer tipis,iyah boss!ini pake duit sendiri,keras nih keras) langsung browsing cara merawat mesin jahit sambil mendengarkan utinya hafsa bercerita tentang mesin jahitnya.Langsung watik rangkum ajah yah.

Tips merawat mesin jahit :




1.Saat beli mesin jahit,pepetin tuh mas-mas tukang mekanik mesin jahitnya,minta beberapa tips and trick handle mesin jahit yang kamu beli.

2.Baca dengan teliti buku petunjuk penggunaan mesin jahit.

3.Bersihkan secara teratur,penyakitnya mesin jahit itu kalo gak gara-gara debu,bekas kain yang tipis2,atau benang yang nyantol.Itu kata mas mekanik mesin jahit loh yah.

4.Tutup mesin jahit agar terhindar dari debu,untuk mesin jahit yang baru biasanya sudah free soft cover yah. Apalagi kalo mesin jahit kamu model computerized,tutup mesin jahit dapat melindungi PCB mesin jahit kamu yang mehong itu dari debu.

5.Jangan pernah ketika membersihkan mesin jahit dengan meniup-niup,karena selain udara yang ditiup dr mulut kita bercampur liur,yang kedua bikin debu makin masuk kedalam makin susah dibersihkan.Dan bikin mesin jahit kamu bau jigong :))

6.Beberapa mesin jahit butuh diberi oli,seperti mesin jahit uti hafsa yang hitam vintage,atau mesin jahit dengan sekoci di bagian samping,so..lebih baik baca buku petunjuk dulu yah.Kalo mesin jahit watik yang brother kece itu malah gak boleh di oli.

7.Biasanya alat yang dibutuhkan untuk membersihkan adalah kuas kecil untuk membersihkan komputer,dan juga lap kering bersih.Lagi-lagi untuk membongkar bagian yang dibersihkan perlu buka buku petunjuknya yah.

Sekian dulu dari watik.Tuh foto watik diatas lagi habis bersihkan mesin jahit.

Jaga baik-baik mesin jahit kamu,kayak kamu jaga hati pasangan kamu yang jauh disana..pretttttt!!!!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments