MENGENAL JARUM MESIN JAHIT

December 20, 2014

Jarum neraka ouwoo jarum nerakaa oooo.Begitulah penggalan bait lagu yang di putar di radio.Itulah lagu nicky astria - jarum neraka.

Watik jadi kebesit ( alah bisyeee ajah),kapan hari banyak perdiskusian soal jarum mesin jahit di BBM watik.Masalah yang ibu ini soal bolpoint needle lah,ada yang minta beli twin needle watik lah (gaess pliss meskipun kau merayu kemolekan tubuhku tak ku beri yah),ada yang ngajak diskusi soal jarum import macam organ dan schmitz lah.Ujung-ujungnya perkara nomer



Baiklah setelah mengubek ubek browsing sana sini,watik pun bergegas menyerap ilmu yang ada. Jadi jarum mesin jahit itu terbagi dua :

1. Jarum mesin jahit universal : macam yang mudah di temui di toko alat jahit) 
2. Jarum mesin jahit khusus : seperti bollpoint needle,denim needle,embroidery needle dsb.Biasanya yang khusus ini yang jual susah ditemuin dan harganya mahal. 

Karena watik orangnya suka yang murah plus males rempong,jadi watik bahasnya tentang jarum mesin jahit universal ajah yah. Jarum jahit universal bentuknya seperti ini Nah biasanya ketika ketika beli jarum mesin jahit si penjaga toko tanya "mau nomer berapa?",kalo gak tw biasanya si mbaknya tanya balik " buat jahit kain apa?".Itu kalo dapet si mbak yang capcus kalo endak? nah looooo..

 Daripada pusing,inilah nomer jarum mesin jahit dan jenis kain yang cocok
  •  Jarum mesin jahit Nomer 9 : Untuk tipe delicate fabric.Jadi kain yanh licin alus tipis.Contohnya chiffon,satin,sutra,renda tipis,organza.
  •  Jarum mesin jahit Nomer 11 Untuk tipe light weight fabric.Jadi kainnya yang lemes tapi gak setipis delicate.Contohnya sheer,tafeta,batiste 
  •  Jarum mesin jahit Nomer 14 Untuk medium weight fabric.Cocok untuk jenis kain katun,muslin,linen,knit,jersey,strech,chambray.Kalo diliat jenis kain.nya pasti kamu udah punya semua kan?makanya hukumnya wajib dimiliki jarum jahit no 14. 
  • Jarum jahit nomer 16 dan 18 Untuk heavy fabric.Seperti denim /jeans dan canvas.Mengapa ditulis 16 dan 18?karena beberapa sumber ada yang bilang 16 sudah cukup untuk jeans,tapi beberapa bilang 18.Tapi kemarin watik permak jenas omega pakai nomer 18.Alhamdulillah gak kenapa-kenapa.

Semoga tidak ada jarum diantara kita yah setelah penjelasan jarum yang cukup menggalaukan.Terus gak perlu harus pakai jarum yang susah dicari yah terus kebanyakn nyari gak di kerjain deh projectnya.Lagi-lagi sebagai orang yang belajar otodidak harus berbesar hati membuat peribahasa,biso amergo kulino.

See ya next post..ehmm cluenya ada di jarum no 18 :)

You Might Also Like

2 comments

  1. assalamualaikum, kalo untuk jahit celana training yang bahannya kayak kain adidas pakai jarum no berapa?

    ReplyDelete
  2. Hai Mba, salam kenal ya, sudah sering nih tongkoromngin blognya mba tp baru sekarang sempet ngubek2, dan ternyata saya emang lagi ada bingung tentang jarum. saya ga ketusuk jarum mba, tp jarumnya yang seringan bengkok ato patah, secara saya baru belajar jahit otodidak pulah, jiahhhh bearni banget kan, hehehehe. kpn hari tuh beli mesin dari temen dikasi taunya jarum ukuran 11, nah pas liatin blognya mba, jadi pengen nyoba beli jarum no 14. kan katanya wajib ya mba :)

    ReplyDelete

Subscribe