PERMASALAHAN MESIN JAHIT dan SOLUSI

December 10, 2014

Kalo kita udah dandan maximal maunke kondangan,eh kendaraan si yayang mogok di jalan,rasanya gimana sodara???KZL!!! begitupun rasanya kalo lagi mood jahit tapi mesin jahit lagi minta perhatian.Sebenernya masalah mesin jahit gak terlaly banyak itu-itu ajah.Intinya sih gak pernah dirawat dan diperhatikan.

Makanya baca deh tips merawat mesin jahit by emakwatik (cieeeee sok iyesss). Seperti selalu dan kau pun tahu kalo watik ini baik,Jadi inilah pengalaman watik memperbaiki mesin jahit kalo lagi manja,tapi permasalahan.nya sih umum-umum ajah yah.

So ini lah dia beberapa masalah umum mesin jahit dan solusinya by emakwatik :

1.Mesin Jahit Jahitan lompat-lompat :

  • Ganti jarum karena jarum sudah tumpul. 
  • Benang sudah rusak atau sudah lama. 
  • Ukuran jarum tidak cocok dengan bahan.nya, 
  • Memasang jarum gak pas. 
  • Bersihkan gigi mesin jahit,dibawah jarum itu loh

2. Benang mesin jahit sering putus :
  • Ganti jarum karena jarum sudah tumpul. 
  • Benang sudah rusak atau sudah lama. 
  • Ukuran jarum tidak cocok dengan bahan.nya,
  • Memasang jarum gak pas.

 3.Mesin jahit Jahitan atas delujur / awut-awutan:

Pengaturan tension gak pas atau terlalu kencang,jadi putar knob untuk mengendorkan yah.Kalo di mesin jahit watik sih tinggal di puter ke nomer yang lebih besar.

 4.Mesin jahit Jahitan bawah delujur /awut-awutan :

Biasanya benang di bobbin/sekoci terlalu kenceng deh,caranya ambil tutup bobbin/sekoci cari sekrup kecilnya dan putar kendorin dikit deh,jangan banyak-banyak muternya! kekendoran nanti :)

5 Mesin jahit jalan.nya seret / berat berputar: :
  • Mesin sudah lama gak diminyakin jadi kering deh 
  • Jarang dibersihkan jadi tempat sekoci dan benang kotor
  • Mesin lama tidak dipakai 
  • Ukuran tusuk jahitan terlalu kecil. 

Kalo mesin jahitku masih masalah gimana donk mak?Mungkin kamu perlu mengapeli mas-mas mekanik mesin jahit,tak apalah sekalian kamu bisa kenalan...kenalan ama mesin jahit kamu lebih dalam via mas-mas mekanik (jangan geer deh). Ingat mencegah lebih baik daripada menservis.

Jadi jangan lupa yah sering dibersihkan mesin jahitnya dan dirawat baik-baik.

You Might Also Like

1 comments

  1. Bagaimana ya baiki mesin jahit singer heavy duty, putaran sebelah kanannya koq keras ya, kalo diputar. Tlg bantu ya

    ReplyDelete

Subscribe