REVIEW MESIN OBRAS PORTABLE

By emakwatik - 12/05/2014

UPDATE APRIL 2018 : Saya ganti pakai SINGER HD 14854 ,bahkan sudah syaa review (klik disini untuk melihat review)

Dulu sebelum membeli JANOME 990D si mesin obras portable yang sudah pernah saya review disini!,hati ini rasanya galau sekali.Tiap hari bukain yang namanya forum Female Daily,email sama mbak-mbak yang udah punya mesin obras duluan (mbak yuanitacik maap yah eike email mulu),nengokin blog bule yang ngereview mesin obras portable (blog indo kok susah yah waktu itu).

Setelah browsing,galau,dan gundah gulana..Jadi lah watiik ketemu beberapa mesin obras portable yang okey banget.Meskipun ujungnya mentok di harga,ada yang kemahalan lah,ada yang cuma karena brand lah.Tapi intinya sih semua mesin obras portable sama,speed rpm pun hampir sama karena namanya itu tadi Portable.Kalo mau yang lebih cepat portable ada namanya heavy duty,nanti watik bahas juga deh.

Sebenernya spesifikasi semua mesin obras portable hampir sama dan umum yaitu
  • 3 benang atau 4 benang
  • Dilengkapi dengan Color threading untuk mempermudah memasang benang
  • Mesin yang tidak terlalu besar
  • Bisa neci maupun obras
  • Menjahit pun bisa,apalagi menjahit kaos
  • Selain menjahit tepian bisa juga untuk membuat rempel,ataupun dekorasi
  • Semua mesin obras portable bisa mengatur jarak jahitan obras,lebar jahitan obras,panjang jahitan obras.
  • Sepatu obras yang mudah diganti-ganti
Yuk cus mesin obras portable review by emakwatik (based on face to face ama tuh mesin obras yah,pas lagi survey di toko mesin jahit)

UPDATE APRIL 2018 : Saya ganti pakai SINGER HD 14854 ,bahkan sudah syaa review (klik disini untuk melihat review)

1. SINGER 14HD854

Mesin obras portable SINGER 14HD854 ini heavy duty.Singer selalu menambahkan HD untuk setiap seri Heavy Duty.Nah arti dari heavy duty sendiri kan kerja berat,makanya si mesin ini lebih cepet putaran RPM.nya dan sanggup untuk mengobras kain yang berat macam jeans dkk,dan juga kain yang berlapis-lapis,mau diajak begadang juga nih mesin.Begitu sih yang dikatakan sama cicik di toko mesin jahit langganan watik.Tapi kata mbak yuanitacik juga oke kok nih mesin

Harga jelas Heavy duty lebih mahal dari singer mesin obras portable biasa,,di BUKALAPAK SINGER 14HD854 HARGANYA 3,150 juta (click untuk langsung ke BUKALAPAK dan lihat spesifikasi lengkapnya ). Nah mbak yuanitacik pakai nih mesin obras,japri langsung ke blognya


2. JANOME 990D

Nah ini dia mesin obras watik.Dari awal udah sreg,udah ada yang pakai juga di female daily,,Pas datang ke tokonya  si cicik  nyaranin juga .Untuk spesifikasinya sih sama kok dengan yang lain,cuman design.nya ajah beda,ada bunga bunga dan bunga. Pekara review detailnya bisa langsung ke sini ajah yah cin REVIEW JANOME 990D by emakwatik

*update 2018 : saya sudah ganti pakai SINGER 14854 HD untuk mesin obrasnya*

Waktu disuruh coba,diajarin mas-mas mekaniknya langsung he-eh ajah.Sampai hari ini waktu nulis alhamdulillah gak ada kendala,waktu setting juga gak maslah,suaranya juga alus.Cuman satu sih kok yah ndak ada tempat sampah bekas obras kayak brother atau punya singer itu loh buahahahaha.

Btw harga mesin obras janome 990D di BUKALAPAK 3,250 juta (click untuk langsung ke page BUKALAPAK dan lihat spesifikasi lengkapnya ).



3. SINGER 14SH754
Nah spesifikasinya sama dengan yang watik sebutkan diatas.,bedanya dengan yang singer 14854 hd di dinamonya,dan body,untuk kegagahan lebih gagah singer 14HD854 deh  Harga SINGER 14SH754 di TOKOPEDIA  3juta  (click untuk langsung ke page TOKOPEDIA dan lihat spesifikasi lengkapnya ).

Kebetulan pas watik mau beli mesin obras lagi ada ibu-ibu yang beli nih mesin obras singer SINGER 14SH754 sempet watik ikutan liat dan si cicik yang jaga toko udah bilangin sebelumnya "kalo aku sih gak recomend ,kecuali kalo kamu mau ambil yang heavy duty,kalo gak percaya liat disana ada yg nyobain habis beli".Watik sih cuman dengerin ajah penjelasan dari si mas-mas mekanik buat si ibu,sepertinya yah gak ada yang salah.Oke - oke aja.Hasilnya yah oke..ciciknya ajah kayaknya waktu itu lagi sensi ama merk beberapa merk :D


4 BROTHER 3034D
Watik ini sudah ikutan Pre Order Mesin obras brother ini.Reviewnya banyak yang bilang oke,apalagi di grup jahit menjahit malaysia semua pada pake mesin obras brother ini.Harga mesin obras portable brother ini lebih mahal daripada singer maupun Janome,Selisih 300rb waktu itu.Benar dugaan waktu hari H nih mesin udah ready si cicik sms kasih kabar mesin udah ready,kalo gak jadi juga gakpapa.Langsung aku cancel sajalah.Harga 3 jutaan keatas.Kalo di TOKOPEDIA harganya 3,6juta (click langsung ke page TOKOPEDIA)

Kalo lihat bodynya langsung waktu di hartono,kayaknya sama ajah yah,spesifikasinya juga sama dengan yang lain.Itu tempat sampah sisa kain obras,itu loh yang bikin beda.hahahaaha.Sebenernya bukan brother tipe ini yang watik incer,tapi brother tipe 1014 D harganya di amazon $180 ajah..mursida banget kan?

brother 1014D


Nah sekian dulu beberapa review mesin obras portable yang bisa watik berikan.Silahkan berpusing ria,berbingung ria.dan juga pecah tabungan ayam yah cin..

Merk apapun itu selera kan pastinya sudah melewati quality control terlebih dahulu,yang penting ketika sudah beli jangan lupa dirawat.


  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Klo untuk konveksi mesin portable g cocok ya boz.....

    BalasHapus
  2. hahahaha namaku disebut2 ternyata, baru nyadar aku, dulu bacanya sekilas

    mak, aku pengen deh sekali2 hunting kain bareng atau jahit bareng gitu, seru kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh harus..kita harus meetup mbak.Terserah deh mau apa ajah oke :)

      Hapus
  3. aduh mupeng sama mesin-mesin obrasnya. Saya baru punya mesin jahit portable. Kadang males kalau obras harus ke tempat lain.Jadi pingin punya sendiri.

    BalasHapus
  4. Udah lama mantengin blok nya mak wati nih..
    Waktu mau beli mesin jahit jg baca2 nya di blok mak wati.. hehe akhirnya nyantol deh sih brother js1410..

    Sekarang pengen mesin obras tapi galau gegana antara singer heavy duty ato juki mo 50e ya?
    Kira2 mak wati ada saran kah?

    BalasHapus
  5. makasi mak wati informasinya membantu banget loh.. mupeng sm yg brother 😍😍👍👍

    BalasHapus
  6. Mba, agak menyimpang nih. Mau tanya dong, beli jarum mesin jahit yang original di mana ya? Di kotaku susah banget nyarinya. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Mba kasih aku saran dong. . Aku pemula lagi belajar jahit (ya gkk belajar banget sih 😅) cuman aku pengin beli mesin obras bingung mau beli yg portable atau yang manual. . Bedanya gimana??

    BalasHapus