TUTORIAL dan TIPS MEMBERSIHKAN MESIN JAHIT BOBBIN ATAS

By emakwatik - 3/26/2015

Saya pernah menulis blogpost tips merawat mesin jahit by emakwatik,Membersihkan mesin jahit adalah salah satu cara terbaik merawat mesin jahit.Apakah membersihkan mesin jahit itu perlu pakai sabun?apakah perlu di semprot air bertekanan?apakah perlu dipoles biar kilap.Itu sih bersihkan motor ceuu!

Sebenernya cukup simple kok membersihkan mesin jahit,cuman butuh Kuas, Lap bersih dan Keberanian untuk membongkar mesin jahit.Tak perlu takut kok membongkar mesin jahit,karena sudah ada caranya lengkap kap kap di buku petunjuk,mungkin kitanya yang suka menganak tirikan si buku petunjuk mesin jahit (pengalaman).


Oh iyah untuk Tutorial membersihkaan mesin jahit kali ini yang dipakai adalah  mesin jahit brother saya,bobbin atas dan tidak boleh di kasih oli (suda di warning di buku petunjuk mesin jahit).Oke langsung ajah yah ibu-ibu dimulai. :


  • Pastikan tidak ada aliran listrik di mesin jahit. Matikan dan cabut stop kontak. 

  • Buka baut di bagian needle plate.Saya sih lebih suka bukanya pakai uang koin 500 atau 1000 

  • Lepaskan sepatu mesin jahit,dan naikkan jarum.

  • Tarik bobbin cover kebawah agar terlepas,dilanjutkan dengan melepas needle plate

  • Bila sudah terbuka,ambil tempat bobbin,dan bersihkan dengan kuas agar debu-debu nakal menghilang. Jangan lupa sekalian bersihkan sela-selanya. (Tips : Jangan meniup dengan mulut.Karena air liur kita bersifat moist)
  • Bersihkan pula seluruh bagian dalam mesin jahit dengan kuas.
  • Kembalikan tempat bobbin ke asal,dan pasang needle plate kembali dan.pasang bobbin cover.Foila kembali ke asal. (Tips : ketika memasang,pastikan tempat baut yang bawah sudah pas dengan lubang needle plate,setelah nempel geser ke atas.Cara itu lebih mudah daripada memasamg dengan menggeser dari samping) 

  • Lap bagian jalur benang, ini sarang debu juga loh. Saya pernah benangnya putus terus dan berasa seret banget.Setelah dibersihkan kok tetap sama.Browsing sana sini eh ada yang bilang di lap jalur benangnya..dan foilaaaa 

Needle plate saya kotor yah?iyah soalnya say pake seam guide yang model magnet.EH ternyata seam guide model magnet ini ternyata gak cocok yah buat mesin jahit model bobbin atas.Huff padahal sudah terlanjur beli.Saya sampai KZL loh liat needle plate yang kotor,akhirnya kemarin say niatin harus bersihkan,mulai dari alkohol,handbody,dan hair lotion.Dan pas pake hari lotion cocok banget bisa bersih.



Oke deh Sekian Tutorial Membersihkan Mesin Jahit by emakwatik.

Pesan saya "Taklukan Mesin jahit seperti Menaklukan Hati Suami"


Tulisan ini di ikut sertakan dalam #‎CraftalovaCreativeChallenge_CraftTutorial‬ Kategori C Tutorial Tips Jahit.

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. maaakkk... seam guide magnet gak cocok buat bobbin atas tuh serius??? padahal aku hampir mau beli lho, soalnya ngebayangin kok kayaknya enak gitu ada penahannya kalo pas jahit.
    jadi galau :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak yuanita..how long qt gak bersua yah :(.Iyah mbak ciyus deh.Lah waktu alu kasih seamtuide magnet mesinq kok bunyi keras kalo dicopot endak lagi.Mana kalo pas ganti bobbin kudu nganglat seam guide dulu..lah ngangkatnya dr suseh.Sekarang aku pakai selotip yg rd tebel..eh lebih enak ;)

      Hapus
  2. Makasih mak info nya sesuatu banget..

    BalasHapus
  3. Makasih infonya mbak... aku maaih bingung sama mesin yg ngejugrug pengen dibongkar. Hehe

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus