Kapan Anak Mulai Sekolah Paud ??

October 05, 2015

kapan anak mulai sekolah paud

Saya bisa memahami perasaan ibu-ibu yang punya anak umur 2,5 tahun - 3 tahun.pasti lagi galau "enaknya di sekolahkan PAUD gak yah?"Saya pernah di level itu ibu-ibu.Akhirnya saya mantap sekolahkan hafsa.Banyak sih pertimbangan.nya mulai dari hafsa yang tiap pagi main ama teman-temannya dan kayaknya dia rada bosen kalo cuman lari-laria.Alasan berikutnya melihat kakak audrey *salah satu temen main di rumah* sekolah TK tiap pagi,hafsa jadi iri dan berlagak mau pergi sekolah dan finally hafsa minta sekolah.

Langkah selanjutnya adalah saya kenalkan apa sih itu sekolah,jadi dia gak asal cuman niruin "sekolah-sekolah".Biasanya sih ayahnya yang ngajakin dia nongkrong di depan TK ngelihat anak-anak lagi masuk berbaris.Hafsa sangat antusias banget. 

Gak watik namamya kalo gak punya banyak cerita.Si watik mboknya hafsa langsung berlagak "kemlinti" ketika bapaknya sepakat juga kalo hafsa disekolahkan.Capcuss survey mulai dari play group yang bayarnya tiga ratusan ribu perbulan yang udah dapet makan dan minum tapi sekolahnya kok kurang ventilasi sih..serius bukan alibi kemahalan eh tapi bener juga dink mahal.Terus down grade lagi survey ke seratus ribuan tapi jauh kira-kira 2,5 km kalo jauh berarti yang nganter dua orang donk mesti sama ayahnya,ah males.Down grade lagi ke lima puluh ribuan..tapi yang ini kok sekolahnya kecil terus kok digabung ama TK Nol kecil cian donk hafsa belajarnya berat abiss dan endingnya ke PAUD di balai RW deket rumah yang bayarnya cuman 15rb perbulan.

Awalnya saya kurang sreg dengan PAUD deket rumah ini,penyebabnya cuman satu.Karena drama tetangga bauahahaha.Jadi salah satu bunda Paud.nya adalah tetangga di rumah panggil saja X.Ibu X ini biasa ajah sih sama saya gak ada bau percik-percik permusuhan,cuman di lingkungan rumah terkenal rada nyebelin orangnya.Siapa yang rela anaknya diajarin ama orang yang nyebelin hayo???Tak berapa lama kasak kusuk mulai terdengar dari tetangga yang lain,kalau ibu E mau di non-aktifkan oleh pak RW.Denger kabar gitu,saya langsung bergaya kayak marshanda di sinetron bidadari "ya Allah tolong Lala,agar ibu X segera di non aktifkan".Eh ternyata doa lala terkabul hehehehehe. 

Oke sudah cukup drama tetangga.nya.Sekarang apa saja yang diajarkan di paud? BERNYANYI dan BERMAIN.Karena hafsa masih paud kecil biasanya setengah jam awal adalah rutin berbaris sambil melatih motorik,berdoa,belajar mengenal huruf angka,warna, hari dan itu semua dilakukan dengan nyanyian.Setengah jam berikutnya adalah kegiatan rada serius antara belajar nulis,dongeng,main origami,mewarnai,jalan-jalan sehat keliling kampung,makan bersama,dan juga bermain interaktif.Contoh : hari Senin jalan sehat,hari kamis bisa juga main interaktif,hari jumat bermain origami.random lah 

Malamnya sebelum HAFSA masuk sekolah,watik yang riwik ini gak bisa tidur,takut hafsa kayak saya waktu dulu sekolah TK,isinya cuman nangis dan takut.HOROR bos!!Gimana kagak Horor dulu kepala sekolah TK saya kejem banget,tiap pagi menyambut dengan ancaman "yang nakal masuk gudang",langsung deh saya bersama anak yang lain nangis sejadi-jadinya.Hal berbeda ketika di PAUD hafsa ,anak-anak dibiarkan mengalir begitu saja kalo masih takut biarlah didampingi ibunya dulu tak perlu dipaksa apalagi diancam.Alhamdulillah ternyata hafsa menyenangkan waktu pertama kali sekolah PAUD ,dia langsung membaur dan main dengan kawan yang lain.

Poto dulu..cekrik!
Emaknya banyak "acara" sampai lupa ambil seragam anaknya.

Ada bedanya gak hafsa setelah sekolah dan belum sekolah??Ada dan banyak!!Yang jelas dia lebih tau cara bergaul dan lebih mandiri,contoh : kalo hafsa mau pergi dia langsung ambil jilbabnya dan jaketnya sendiri kemudian pakai sepatu,dan berpamitan dengan teman-teman main.nya.Amazing!!Yang kedua hafsa jadi lebih santun seperti ucap kata "tolong,terimakasih,pinjam,permisi".Yang ketiga dan sangat ajaib adalah ketika selesai bermain dia mau loh bantuin saya masukin mainan ke box,dulu sih boro-boro palingan juga satu boneka langsung ngeluyur dia. 

Semua gak bakalan sukses kalo gak connect yah antara bunda paud disekolahnya dan ibu nya yang nerapin di rumah.Ketika saya nganter hafsa sekolah dan nungguin disana saya belajar banyak dari melihat gerak-gerik bunda mamik *salah satu bunda hafsa di paud*.Bunda mamik ini seperti punya sihir ke anak-anak dan tau bagaimana cara mengontrol anak-anak dengan halus dan telaten.Waktu rapat wali murid bunda memberikan tips dan meminta para orang tua agar sinkron dengan cara belajar di paud.Duh bunda mamik ini sungguh baik.Gusti Allah sing mbales yah bu. 



Jadi tukang permak seragam hafsa
update 2017 : hafsa sudah masuk TK dan alhamdullillah dia sudah sangat siap sekali.Berkat apa?berkat sekolah PAUD.Jadi intinya sih sekolah PAUD itu perlu ibu-ibu,biar anak-anak gak kaget ketika masuk TK yang sekolahnya ajah 2,5 jam.Sudah lebih mandiri menurut saya,daripada anak yang gak pake PAUD.Terserah deh mau paud dimana ajah..mau paud yang di RW seperti hafsa juga gak masalah.Yang penting dia tau oh ini toh konsep bersekolah,berteman,dan siapa itu guru.Jangan lupa keep it fun :)

You Might Also Like

8 comments

  1. Eh apa kabar bu X sekarang mak? *ditoyor
    Sekolah yg biayanya mahal tuh emang belum tentu kualitasnya baik ya mak. Dan tahu siapa bundanya anak2 juga penting. Jangan sampai ada bunda yg tidak lagak mengajar eh dibiarkan begitu saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu X yah teteplah bu X kapan hari bikin sebel tetangga yang lain.Betul sekali mak,lagian komunikasi antara wali murid dan bundanya lancar karena rumahnya gak jauh-jauh,kadang waktu belanja sayur ketemu :')

      Delete
  2. senengnya kalau lihat anak udah sekolah deg2an deh beberapa tahun lagi anak saya juga mau di masukin paud heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. di liat ajah mak,kalo anak udah antusias banget untuk bersosialisasi dengan kawan-kawan monggo di sekolahkan

      Delete
  3. keponakan nggak ikut paud mak, cuma ikut kelas hore - hore yang KFC itu loh :))) lucu - lucu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di KFC mulyosari kayaknya ada mbak sari,cuman masalahnya adalah emaknya ini loh gak bisa nahan kalo liat kfc bawaanya pengen beli ayam originalnya

      Delete
  4. kalau aku blm kepikiran masukin si kecil ken sekolah mak, malah pngen masukin dia kelas musik, tp msih blm cukup umur,
    tengkiu sharingnya yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik mbak kelas musik,hafsa juga pengen di ikutin kelas musik cmn jauh dr rumah

      Delete

Subscribe