TIPS MENJAHIT KAIN KAOS DENGAN MESIN OBRAS PORTABLE

December 05, 2015


Selamat hari sabtu!Yang punya suami dan anak pasti lagi spent time bersama,yang lagi pacaran nanti malam jalan-jalan bareng pacar,yang jomblo ditinggal sama teman- teman lagi pacaran plus merantau jauh dari keluarga pasti lagi mewek..iyah kan??mewek tuh mamam mewek.

Well postingan kali ini membahas sesuatu yang tricky.Menjahit dengan kain kaos.Ada yang tanya apakah menjahit bahan kaos bisa dengan mesin jahit portable biasa??jawabnya bisa banget!but next time saya bahas karena saat ini saya mau mengkaryakan mesin obras portable saya,jadi its all about my serger!!

Sebelumnya saya perlu ngelurusin nih,mesin obras kalo di indonesia banyak macamnya ada yang bilang mesin obras biasa apa mesin obras kaos??awalnya saya juga confused apaan tuh mesin obras kaos karena yang saya tau mesin obras yah mesin obras ajah.Ternyata yang dimaksud mesin obras kaos adalah overdeck atau coverstich .So mesin overdeck ini memang special untuk menjahit bahan kaos tapi tidak bisa untuk mengobras.Yah mending mesin obras biasa donk bis dipakai menjahit bahan kaos bisa buat ngobras.Buahahaha

Untuk yang saya pakai adalah mesin obras portable bukan overdeck.Mari kita bandingkan dengan gambar dibawah ini.Oh yah kalo belum kenalan dengan mesin obras portable saya silahkan kenalan dulu (baca : review mesin obras portable janome 990D ).

mesin obras portable
Mesin Obras Portable saya 

Mesin Overdeck atau coverstich gambar dari janome.com

Back to topic,kalo kamu punya mesin obras portable yang sama dengan punya saya apa saja langkah yang perlu kamu lakukan untuk menjahit kain kaos dengan mesin obras portable :


1. Gunakan 4 Benang,kalo kamu biasanya mengobras cuman menggunakan 3 benang,untuk menjahit bahan kaos kamu butuh 4 benang agar secure.well itu artinya kamu perlu memasang kedua jarum juga.Saat kemarin jahit bahan kaos buat cardigan hafsa sempet ada drama,saya kehabisan jarum obras.Terus gimana?nanti saya ceritakan di postingan lain tentang jarum mesin obras.
2. Benang yang saya gunakan benang jahit biasa , alih-alih pengen ngirit karena saya gak punya benang obras,saya beli benang jahit yang murah..kalo merk astra kemahalan,kemarin saya pakai merk putra.Harganya 1ribuan perbenang.Inget yah watikers,karena kita butuh 4 benang loh ini.Makanya pakai yang murah.(yah gak usah gitu kali..nulis murahnya diulang-ulang)
    3. Setting tension, Yaps yaps yaps ini bagian yang paling penting.Beberapa kali saya dapat email menanyakan bagaiaman sih mbak watik cara setting tension di mesin obras portable.Well karena saya ini baik,cakep dan barusan makan bakso.maka saya kasih langsung ajah yah settingan tension jahit kaos yang saya pakai kemarin. Benang 1 di angka 4..untuk Benang 2,3 dan 4 semua di angka 3



    menjahit kain kaos tips jahit mesin obras portable
    Add caption


    4. Setting Diferential Feed .gak cuman Tension pada mesin obras portable saja yang dirubah,kalo kita mau menjahit dengan bahan kain kaos yang melar ini.Settingan Differential feed  mesin obras portable juga.Differential feed yang biasa saya pakai 1.0 saya rubah jadi 1.5.Untuk Stich length saya apakai normal saja di 2.5 seperti biasa saya pakai.

    menjahit kain kaos tips jahit mesin obras portable
    5. Tips terakhir paling penting dan paling tricky.Ketika menjahit bahan kaos jangan tarik-tarik kain.Ingat bahan kaos ini melar.Jadi hati-hati dan pelan-pelan saja,istilahnya sih gentle..ceile bukan hati ajah nih yang mau di gentle.in cowok.buahahahaha.


    Silahkan dicoba tips dari saya,tapi tetap loh yah sebelumnya di coba dulu di kain perca bahan kaos yang mau di pakai,jangan grusak grusuk langsung dijahit ke bahan kaos yangs udah di potong pola.Duh ileh beribet amat deh saya nulisnya.

    Its time to go..karena saya keseretan abis makan bakso... es kelapa mudanya masih memanggil manja untuk diminum.Bye!!!

    You Might Also Like

    8 comments

    1. Ahh saya masih sangat menginginkan iniii.. *kencengin tabungan

      ReplyDelete
    2. Jadi kalo menjahit ingat emakwatik yaaa

      ReplyDelete
    3. Klo pake mesin obras 3 benang udah pasti gak bisa ya? Wadu . Aq gak bs dong jait bhn kaos

      ReplyDelete
    4. udah dari 3 hari ini baca blog http://www.emakwatik.com/
      karena super kepo pengen punya mesin obras dan mesin jahit
      sumpah blog ini racun!!! hahahaha

      btw mba watik, saya mau nanya nih
      gara gara blog nya mba, saya jadi kepikiran dan pengen beli
      1. mesin obras janome kaya punya mba
      2. mesin jahit heavy duty juga kaya punya mba
      ( terpampang nyata kan kalo blog ini racun hahahahha )

      kemarin siang saya langsung survey ke daerah bubutan buat cari info harga nya.
      daaaaaan,,,,,mahal ya boooooo' ga kaya di lazada atau situs online lainnya.
      Padahal saya juga jahitnya bisa tapi asal nempel aja. tapi pengen punya untuk investasi.

      Menurut mba, mana dulu yang saya dahulukan?
      beli mesin jahit atau obrasan?
      karena mesin jahit dirumah ada sih, tapi agak rewel dan spare part sudah tidak keluar.
      mesin jahit saya portable merk sakura.

      karena baca review heavy duty akhirnya saya jadi pengen.
      tapi saya pengen nya juga punya obrasan, soalnya kedepannya pengen off dari kantor
      dan usaha bikin kaos.

      maaf ya mba jadi curhat hahahahaha

      mohon pencerahan dari kisanak...

      xoxo

      ReplyDelete
      Replies
      1. HUWOOOO makasih yah sudah berkunjung ke blog saya.Ini sih tips irit ala emakwatik,yaitu panggil tukang service mesin jahit.(really??merk sakura??senada cinta bersemi diantara kita begitu kayak lirik lagu?).Tapi kalo mesin jahitnya masih rewel kayak abg jaman sekarang,mending beli mesin jahit dulu ajah mbak...mesin obras portablenya menyusul.

        Delete
    5. mbak, sy juga punya mesin obras ini udah 2 tahunan, tapi sekarang pisaunya sudah gak tajam, mbak tau gak toko yang jual pisaunya, saya sudah browsing gak ketemu ketemu, mohon infonya ya kalau tau

      ReplyDelete
    6. kalau mesin jahit portable bisa buat jahit kaos/spandek gak yahh

      ReplyDelete
    7. Makasih infonya...saya baru beli janome.obras ini.buat handmade piyama ma dress anak. Abis baca ini jd pengen buat kaos anak

      ReplyDelete

    Subscribe