Tutorial Membuat Pola Mukena Anak

By emakwatik - 6/08/2016


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Di bulan ramadhan tahun 1437 H kali ini ,saya berhasil menjahit mukena anak buat Hafsa.Sebenernya kemarin saya rada males bikin sendiri mukena buat hafsa,dikarenakan takut harga kainnya sama dengan beli jadi.Malesnya kelihatan banget kan akuh :).

Setelah riset ke beberapa toko online harga mukena anak lumayan mehong yah cin kalo kainnya bagus dan dari katun.Kalo mukena anak below 100rb ada sih...cuman biasanya dari kain seprei.
Malam hari setelah melihat harga mukena anak, saya jadi gak bisa tidur,dan browsing sana sini sana sini sambil menghitung jumlah kain yang dibutuhkan.


Keesokan pagi langsung cusss melipir ke pasar kesayangan,Pasar Pucang Surabaya.Sampai disana saya langsung belok makan mie ayam (mumpung belum ramadhan) .Buahahahaha.Setelah makan mie  belok ke toko kain.Masuk ke toko kain trijaya beli  kain bunga-bunga 1,5 m sama kain polkadot 1 m.Karena masing-masing kain harganya cuman 20rb/meter,Maka total jendral beli kain cuman 50ribu! WOyeaaaahhhh!!!

Eniwei dalam pembuatan pola mukena anak , saya mengambil ukuran tubuh anak sesuai dengan tabel children body measurement yang banyak bertebaran di internet.Jadi kalo ada kegedean atau kekecilan yah mohon maaf.Sesuaikan saja dengan tubuh anak anda.

Sebagai contoh  HAFSA umur 3 tahun : tubuhnya gak terlalu tinggi dan gak terlalu gemol.Jadi untuk ukurannya saya ambil ukuran mukena anak umur 3 tahun tapi Ukuran A dan B dikurangin 5 cm lagi.

Langsung saja yah.Inilah TUTORIAL MEMBUAT POLA MUKENA ANAK

UMUR
A
B
a’
0 -2 tahun
65 cm
70 cm
20 cm
3-4 tahun
75 cm
80 cm
22 cm
5-7 tahun
85 cm
90 cm
25 cm
8- 10 tahun
95 cm
100 cm
28 cm


UMUR
X
Y
0 -2 tahun
60 cm
100 cm
3-4 tahun
70 cm
110 cm
5-7 tahun
80 cm
110 cm
8- 10 tahun
90 cm
125 cm

Kalo kalian gak ingin pakai pet berarti sampai sini saja sudah cukup.Tapi bila kalian ingin pakai pet seperti punya hafsa,harus membuat pola lagi untuk pet.Ukurannya petnya sih terserah,atau bisa diambil dari ukuran pet kerudung anak anda yang biasa dipakai dan nyaman.

Sekarang berapa panjang kain yang dibutuhkan untuk membuat mukena anak,Rumusnya adalah

kebutuhan kain untuk atasan = 2 x B
kebutuhan kain untuk bawahan = Y
 Contoh untuk Hafsa kemarin saya pakai kain lebar kecil (110cm ) saya butuh 1,5 m (2x 75 cm) untuk atasan dan 1 meter untuk bawahan .

Sudah selesai bikin pola.nya?sekarang saatnya kita jahit mukena.nya.Untuk tutorial menjahit mukena anak.nya saya bikin dalam bentuk video yah.Silahkan ditonton videonya dan jangan lupa SUBSCRIBE channel youtube emakwatik


  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. Alhamdulillah.. terima kasih atas sharing ilmunya ya.. jazakillah khairan katsiiran

    BalasHapus
  2. Halo mba, terima kasih sudah sharing..kalo boleh tau akhirnya pakai kain bahan apa, katun jepang? (Maaf ya mba saya awam bgt, tapi pingin cari bahan utk mukena anak juga)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akhirnya pakai kain katun biasa yang semeter 20rb karena waktu itu budget tipis,tp kalo pengen yang lebih adem dan alus dipakai anak sendiri pakai katun jepang

      Hapus
  3. makasih Emak Watik.. saya punya kain katun jepang, memang rencana mau bikin mukena kembaran sama anak.. cuma saya ragu-ragu mau eksekusi. Bismillah, semoga dengan ukuran di atas bisa pas. jazakillah khairan katsiiran

    BalasHapus
  4. Emak Watik...saya koq jadi ngefans ya sm Emak...Hahaa..karna emak ga pelit ilmu, saya tadinya "buta jahit" tapi untung ga buta huruf hahaa...tapi sejak ketemu web Emak Watik Alhamdulillah rada "melek jahit" Semoga pahalanya mengalir terus yaa... :)

    BalasHapus
  5. Emak wati kalo ke medan aq traktir mie ayam ampe mabok daahh.makasi y

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim JNE pake YES sehari nyampe :))

      Hapus
  6. Hallo kakak hafsa, namanya samaan dg anak saya.. Izin nyontek ya bun
    Semoga berhasil eksekusi mukena buat si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo silahakan..salam buat hafsa juga :*

      Hapus
  7. Hai mba salam kenal, th 2017 lalu ak udah praktekin bikin mukena buat bocilku, dan sukses...skrg mau bikin lg krn yg lama dah agak cingkrang 😁,,ngubek2 pinterest lg nyari postingan ini alhamdulillah ketemu. Tabelnya itu ngebantu banget deh, trs lgsg bs dipasin ke polanya. Thanks ya mbaaa 🙇🏻‍♀️🙇🏻‍♀️

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah mbak, makasih tutorialnya 🙏

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah.. Trimksih mak tuto nya 🤗 mau brtnya mak, klo sekiranya pke karet bgian muka, karetnya brpa cm y mak? Trimksih mak watik ☺🙏

    BalasHapus