Menjahit dengan benang karet atau benang elastis

August 25, 2016


Sudah lama sekali rasanya tidak menuliskan tips jahit atau bisa juga disebut tutorial tipis-tipis.Mumpung kemarin habis merapikan benang-benang,eh terlihatlah sesosok benang karet seorang diri.Terakhir saya pakai benang karet ini ketika bikin rok kerut-kerut buat hafsa beberapa tahun yang lalu ketika hafsa masih bayi.Kemudian nasib benang karet ini nganggur.

Eniwei untuk beli benang karet/benang elastis ini sangat mudah.Cukup ke toko peralatan jahit pasti ada.Harganya pun murah kok.Kalo ingin tahu biasanya benang karet ini dipakai untuk apa?ituloh dipakai untuk baju-baju pantai yang kerut-kerut di dada,atau bahasa gaulnya Maxi Dress.Biasanya di bali banyak yang jual nih baju.Kalo di surabaya jarang lah yah,kita ini mau berjemur dimana?di bawah jembatan suramadu??Di jemur dipapan donk..barengan ama ikan asin .LOL

sumber : polyvore.com
Menjahit pake benang karet ini gak susah,asal tau tipsnya dan yang paling penting butuh perasaan memperlakukan benangnya.Kata orang bule sih GENTLY.Pelan-pelan ajah jangan banyak ditarik,kayak mau dapetin hati gebetan gitu loh.

Well inilah tips menjahit dengan benang karet dari emakwatik :


1.Setting Mesin Jahit Pilih Jahitan Lurus dan rubah ukuran panjang jahitan ke yang paling panjang.Untuk mesin jahit saya angka 4.



2. Benang karet di isikan di bobbin (benang bawah),cara mengisi tidak memakai bantuan mesin jahit seperti kita mengisi dengan benang biasa.Tapi mengisi secara manual menggunakan tangan.Tujuan.nya adalah agar beang karet tidak melarrrr (kayak badan aku).Lagi-lagi perlakukan benang dengan gently agar tidak melarrrr.


3.Jahit dengan posisi kain bagian bagus menghadap atas.Untuk mendapatkan kerutan yang cantik,Kita butuh beberapa garis jahitan,oh iyah menjahitnya secara berderet yah.


4.TARAAAA !!! Jadilah Kerutan Cantik *muter-muter ala sofia the first*




Sekian dulu tips jahit ala emakwatik...ingatlah tips jahit adalah tutorial tipis-tipis.Jadi yang pengen emakwatik perbanyak tutorial,tips jahit ini boleh yah di htung sebagai tutorial..Ya ya ya??

You Might Also Like

12 comments

  1. jadi kepengen punya mesin jahit mak watik...
    doakan uangnya segera ke kumpul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah coba cara ini mbak, tapi ko kurang kerut yaa. Apakah kualitas benang karetnya yang kurang bagus? Terima kasih mbaaaa... ;)

      Delete
    2. Saya sudah coba cara ini mbak, tapi ko kurang kerut yaa. Apakah kualitas benang karetnya yang kurang bagus? Terima kasih mbaaaa... ;)

      Delete
    3. Saya sudah coba cara ini mbak, tapi ko kurang kerut yaa. Apakah kualitas benang karetnya yang kurang bagus? Terima kasih mbaaaa... ;)

      Delete
  2. mba, kalo yang singer heavy duty, bisa buat jahit benang karet?
    Kalo bisa, it means singer heavy duty can sew apapun dan bagaimanapun yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saya bikin tips ini kan menggunakan singer heavy duty :)

      Delete
  3. kalo ada tulisan deskripsi semi neci? itu maksudnya gimana ya mba?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. hai mbak emakwatik... apakah pas ngisi benang elastik ke bobbin, benang perlu ditarik atau enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. no no no...perlahan-lahan ajah mbak..jangan ditarik

      Delete
  6. Mba gimana caranya bikin lubang kancing sy pke singer heavy duty 4423

    ReplyDelete
  7. Mbak kalau membuatvkerutan dengan mesin jahit manual bisa tidak ya?

    ReplyDelete

Subscribe