Tips Mesin Jahit : Tentang tension mesin jahit dan hasil jahitan

September 28, 2016



Kali ini saya akan membahas sesuatu yang sedikit ehem serius *ciyus*.Masalah yang sering dialamin oleh seluruh penjahit di dunia dan yang dapat mengganti keinginan jahit menjadi nonton d academy ajahlah.Based on my true story saya sering sekali ngalami yang namanya persoalan ini,Hafsa ngeliat mesin jahit saya yang nganggur,terus dia puter-puter deh settingan tension.nya kayak cari gelombang di radio gitu.Haduh sungguh KZL.

Jadi kalo mesin jahit kamu sudah bener.Saya bilang Plis jangan di ubah-ubah tension.nya,kecuali memang hasil jahitannya jelek,atau kamu memang pengen berexperiment.Buahahaha.

*karena mesin jahit saya tension.nya bener dan gak diputer-puter hafsa,maka saya gak mau ambil resiko yang bikin kesel.Beberapa gambar saya ambil dari internet dan tentunya akan saya tulis sumbernya*

Tension dalam bahasa indonesia berarti tegangan.Yang dimaksud tegangan dalam mesin jahit adalah tegangan benang.Tegangan benang ini mempengaruhi hasil jahitan mesin jahit.Jadi kalo ada yang bilang "aduh mesin jahit saya hasil jahitannya jelek",bisa jadi setingan tension.nya tidak pas.

Semua mesin jahit pasti ada settingan tension.nya,mesin jahit portable,industri maupun mesin jahit jadul hitam,pasti ada pengaturan untuk tension.Pengaturan tension ada dua,yaitu di bagian atas mesin jahit yang biasanya dengan tulisan angka 0-9,atau di sekoci benang bawah.Tapi untuk setting tension cukup di bagian mesin jahit saja (benang atas).Kalo di sekoci mesin jahit lebih susah sih menurut saya.

Sekarang kalo hasil jahitan mesin jahit kita jelek,lihat terlebih dahulu.Yang jelek yang bagian atas atau bawah??Berikut adalah tips setting tension mesin jahit berdasarkan hasil jahitan .

Terlalu kecang ,Normal,Terlalu longgar (Source : craftsy.com)
Bagian atas : Hasil jahitan bagian atas yang jelek,artinya benang atas terlalu kencang.Caranya adalah dilonggarkan,untuk melonggarkan kita putar settingan tension ke angka yang lebih kecil.Karena lebih kecil angka maka akan semakin longgar

Bagian bawah : Hasil Jahitan bagian bawah yang jelek,artinya benang atas terlalu longgar Caranya adalah di kencangkan,untuk mengencangkan benang kita putar settingan tension mesin jahit ke angka yang lebih besar.Karena lebih besar angka maka akan semakin kencang benang.

Untuk mendapatkan hasil jahitan mesin yang bagus,benang atas maupun bawah itu imbang,tidak longgar maupun tidak kencang.Biasanya settingan normal untuk mesin jahit portable ada diantara angka 3-5 (saya di angka 4).Kalo mesin jahit sudah menghasilkan jahitan yang bagus,jangan di rubah-rubah lagi yah.Saya pernah kejadian hafsa,muter-muter tension dan rasanya aduh frustasi sekali mau langsung genjot eh harus setting tension dulu.

Terakhir tips dari saya,selain settingan tension yang bikin hasil jahitan jelek adalah
1.Pemasangan benang tidak sesuai
2.Mesin jahit yang kotor
3.Bagian mesin jahit ada yang rusak.Seperti tips dari teman saya mbak ida: Kalo tension sudah di setting jangan lupa cek plate (lubang untuk benang bawah keluar).Bila diraba tidak rata bisanya sih karena pernah benturan dengan jarum,maka bagian yang tidak rata bisa bisa di amplas sedikit dan pelan-pelan .

Gambar Plate (source : janomeshopathome)
Membahas sesuatu yang serius ini bikin lapar yah memang,dan kadang bikin haus juga.Sudah dulu deh saya ngibrit dulu bikin mie goreng ama ehmmm enaknya es kopi  atau es jeruk?

You Might Also Like

17 comments

  1. Suka baca di sini, enggak terlalu panjang tapi bikin mudeng dan paham. Makasih MakWatik

    ReplyDelete
  2. Mesin jahit untuk pemula apa ya Bun??
    Dan cara menggunakannya??

    Mw survey dl sblm beli,,

    ReplyDelete
  3. klo benang suka lepas dari jarum biasa kenapa ya emakwatik?? suka bikin males krn kan rempong hrs masukin benang ke jarum terus, mana mata minus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb bener itu, gmn y cara ngatasinya

      Delete
    2. caranya adalah...jangan pendek2.itu juga problem awal saya..tiap jahit benangnya narik ke atas lagi,sebel kan yah,mau jahit ditarik ulur *bukan hari ini bang*.jadi habis masuk ke jarum..tarik ajah rada panjang,jangan cuman seuprit.

      Delete
  4. Suka banget baca tulisannya emakwatik....bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mba, sy masih newbie bgt nget dalam jejahitan (baru belajar mengenali dan make mesin jahit portable)..
    Saya pke brother GS2500.. kalo mengatur tension itu mengatur width & lenght ya mb?
    Trus kalo ganti pola jahitan apa W&L nya juga harus dirubah?
    Mohon pencerahannya, thank sebelumnya mak..
    (blognya enak dibaca dan informatif mak, saya suka hehehe..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. no no!jadi width dan length itu untuk panajang dan lebar.Apa setiap ganti pola W&L itu berubah..tergantung?sesuka hati kita mbak nita.tapi beebrapa jahitan terutama jahitan yang modelnya dekorasi..W&L sudah ditentuin dari sono dan gak bisa diutek2

      Delete
  6. Bermanfaat sekali ini blok nya dan nambah ilmu bgt. Bisa ngajari kursus nggak bak, coz saya pengen bljar menjahit

    ReplyDelete
  7. Kebetulan saya kursus jahit prifat, eh ternyata cuman sekali datang ke rmh, dan sampek skrg tdk datang lagi org nya. Mungkin krn rmh saya ke jauhan dari rumahnya beliau. Akhirnya saya otodidak deh.....

    ReplyDelete
  8. Klo boleh via whats up dong emak watik. 087 852 520 506

    ReplyDelete
  9. Mak....untuk jahitan bawah di setting juga gak jaraknya.... soalnya beda hasil jahitan atas dgn bawah...terimakasih ya...sangat membantu poatingannya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak,kalo jahitan bawah dan atas beda.ada beberapa faktornya.mulai dari yang dasar pemasangan benang yang kurang pas sampai kebanyakan yah tension ini

      Delete
  10. Gimana cara memutar knob agar bisa buat semi obras mbk, saya makai brother gs 2700

    ReplyDelete
  11. Mak watii..harusnya hasil jahitan atas itu sama persis apa gmn..kok aku ngerasa hasil benang bawahnya gk sekenceng jahitan atas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya gak bagus jadi yang bawah ngeberindil gitu yah..harusnya sih rapi atas bawah mbak.ada beberapa faktor mbak kenapa jadi begitu,dan tension juga salah satunya.

      Delete

Subscribe