Resleting 101 (semua hal tentang resleting jahit)

October 03, 2016


Kadang saya merasa kalo tulisan saya tentang jahit-menjahit di blog emakwatik.com terlalu remeh temeh yah?Atau itu hanya perasaan saya saja??*watik hatinya kayak puding puyo*.Tapi jangan salah,terkadang hal yang remeh temeh ini menjadi ujung tombak mood kita waktu belajar menjahit.Menurut siapa?Yah menurut aku lah.Hahaha

Contohnya kayak blogpost yang ini judulnya Resleting 101,Remeh temeh sekali bukan.Jadi saya mau bahas tentang reselting,apa saja jenisnya,beberapa tips,dan juga bagaimana cara membelinya.Serius ini saya mau bahas cara beli resleting ini.Karena postingan ini berdasarkan pengalaman saya ke toko alat jahit beberapa hari yang lalu,dan melihat mbak-mbak yang tampaknya baru belajar menjahit dan kebingungan.

Singkat cerita,sebagai orang yang lumayan sering datang ke toko X (letaknya deket rumah saya dan di dekat pasar) saya faham betul bagaiamana karakteristik beberapa mbak-mbak penjual ditoko tersebut.40% mbak-mbak baik sisanya judes,tapi kalo yang baik belum sarapan bisa jadi judes juga.See?Sekarang gini deh,ibaratnya kamu apes terus dilayanin ama mbak-mbak yang judes di tengah toko yang ramai.Kita yang baru ajah belajar tentang alat jahit,banyak tanya,ditanyain gak nyambung,terus dijudesin.

Thats why ada emakwatik sebagai ibu peri,untuk membahas hal remeh temeh ini daripada kamu dijudesin.Langsung kita bahas yah.

--------------------------------------

Resleting ini ada beberapa jenis kalo di toko jahit

resleting jahit

1.Resleting biasa :Resleting ini giginya dari plastik dan bisa dipakai untuk project apapun.Mau baju,rok,celana maupun craft juga okey.Kalo ibarat tepung,nih resleting kayak tepung terigu segitiga biru gitu deh bisa dipakai buat apa ajah. *if u know what i mean*

2.Resleting jepang : Resleting ini giginya dari plastik Kalo di bule sono menyebutnya dengan invisible zipper karena memang ketika di pasang,resleting ini bakal sembunyi dan gak kelihatan karena giginya yang kecil dan mepet dengan tepian.Tapi gak tau deh kenapa di indonesia disebutnya resleting jepang ya?Resleting jepang ini biasa dipakai di baju maupun rok,untuk craft jarang sekali.Harga resleting jepang ini sedikit lebih mahal dibanding resleting biasa.

3.Resleting jaket atau mantel : Dengan gigi yang lebih besar daripada 2 resleting diatas,dan memang biasa digunakan untuk jaket ataupun mantel.Selain itu bagian bawah resleting untuk jaket ini memang berbeda,kebanyakan sifatnya close end.

source:metaliczipper.com
4.Resleting gigi besi :Untuk resleting gigi besi ini biasanya dipakai untuk project yang berat-berat dan rada tebal.Biasanya sih digunakan di celana jeans,jaket maupun tas.

--------------------------------------

resleting jahit

Sekarang kita bahas tentang ukuran resleting.Untuk ukuran resleting bermacam-macam ada #3 ,#5, #8.Maksud dari gigi #3 adalah ukuran dari gigi resleting yaitu 3 mm,begitupula dengan #5 = 5mm dan #8 = 8 mm.Kalo kita beli resletingnya yang meteran biasanaya kita bilang ukuran 3,5 atau 8.Jangan lupa kalo beli resleting meteran,sekalian beli slidernya yah.

Kalo kita bilang "mbak beli resleting " yang ditanya adalah jenis releting dan ukuran panjangnya,panjang resleting dari atas sampai bawah.Ukuran panjang ini banyak banget sih.Biar gak tengsing mending di ukur dulu panjang bukaan resleting yang ada di project kita.Seumpama nih baju hafsa bukaan belakagnya 17 cm,berarti saya beli resleting yang ukurannya 20cm.Perlu di ingat kalo beli resleting Lebih baik kepanjangan daripada kependekan.

Selain kain,relsting itu juga banyak banget warna.nya dan gak bisa dikira-kira macam ehm coklat muda tapi jangan terlalu muda.Kalo kamu ngomong gitu sama mbaknya,yah jangan salah nanti dijudesin yah.Mendingan kamu bawa atau potong sedikit kain yang kamu kerjakan,dan biarkan si mbak toko yang mencocok.kan sendiri.

Terakhir adalah merk resleting.Merk yang saya tau sih ada ykk,kcc,dan taiwan.Tapi untuk juaranya adalah merk YKK.Saya sendiri adalah fans berat YKK meskipun lebih mahal daripada yang lain.Kualitasnya juga bagus.Kata wong jawa sih Ono rego Ono rupo :).

Saya kira segitu dulu yah cerita tentang resleting.Kayaknya remeh temeh yah,tapi panjang bener dehh.Oh iyah jangan lupa kalo kamu suka dengan blog emakwatik.com.Jangan lupa like facebook page follow Instagram @emakwatik dan juga share di social media kamu.Ajak teman,sodara,keluarga belajar menjahit bareng yuk. :)

You Might Also Like

5 comments

  1. Aq baru tau ad resleting meteran. Secara di pulau kecil gak bahas begituan yah....Tengkiu emakwatik. semakin jatuh cinta lah pokoknya dengan emakwatik.

    ReplyDelete
  2. halo mak watik, saya termasuk kolektor produk outdoor original dengan harga jutaan. Pada jaket yang saya koleksi, rata2 memakai zipper YKK. apa sih sebenarnya keunggulan resleting YKK sehingga dipake oleh brand2 mahal??

    ReplyDelete
  3. Banyak bgt belajar dr blognya emakwatik...jd smangatt blajar jahit...trus dbagi ilmu2 nya ya mba...always waiting :)

    ReplyDelete
  4. Banyak bgt belajar dr blognya emakwatik...jd smangatt blajar jahit...trus dbagi ilmu2 nya ya mba...always waiting :)

    ReplyDelete
  5. Makasih sudah bersedia berbagi ilmu ilmu dasar yg justru kadang sulit mencari sumbernya :) oh ya..saya habis beli mj berdasar review blog ini, thx ya..

    ReplyDelete

Subscribe