Review Mesin Overdeck ( Mesin Jahit Kaos ): Messina TOKYO 14t3c

By emakwatik - 10/10/2016


Beberapa hari yang lalu saya mendapat kesempatan lagi mencoba mesin overdeck di Singer store Pengampon.Iyah mesin overdeck yang biasa disebut mesin jahit kaos.Tapi yang bikin beda mesin overdeck yang kemarin saya coba ini adalah mesin overdeck portable.Messina TOKYO 14T3C (yang selanjutnya saya sebut messina tokyo)

Perasaan saya girang banget,lah wong baru kali ini nyobain mesin overdeck,boleh dipegang-pegang di umek-umek,uprek-uprek dan tanya-tanya sampe detail.Dari rumah saya sudah siapkan potongan kecil kain kaos yang saya punya,tapi kalo tau boleh lama-lama pegang,potong kain kaos dari pola beneran terus bikin project ajah sekalian disana buahahaha.*kurang tau diri bener deh anaknya*.

Oh iyah di postingan ini saya sekaligus meluruskan tentang perbedaan mesin obras dengan mesin overdeck yang sekilas sama tapi berbeda.Banyak yang sering keliru dan ketuker-tuker.Mumpung ada contohnya maka sekalian deh dibahas,oke??

Mesin obras : Looper.nya ada 2 yaitu bagian bawah dan atas,Hasil jadi mesin obras bagian baik dan buruk kain sama (berupa looper),Mempunyai pisau untuk memotong tepian kain.

Mesin overdeck : Loopernya ada satu yaitu bagian bawah saja,Hasil Jadi mesin overdeck bagian atas kain berupa jahitan lurus dan bagian bawah berupa loop.Tidak mempunyai pisau untuk memotong tepian kain.(lebih jelas lihat foto hasil jahit mesin overdeck)

Sekarang balik lagi ke messina tokyo yah,Jadi messina tokyo ini adalah mesin overdeck portable,mesin jahit kaos.Selama ini sih mesin overdeck yang beredar di toko mesin jahit,mesin overdeck yang besar,untuk konveksi yang cukup besar,butuh meja khusus dan harganya juga lumayan sekitar 5 jutaan.Dannnnn menurut saya mesin overdeck portable ini adalah jawaban buat yang punya usaha jahit rumahan atau usaha kecil-kecilan bikin jilbab dari bahan jersey atau kaos.

Biar tidak melebar dan ceritanya panjang kemana - mana,saya langsung review saja yah :

Sebelum berlanjut ke inti dari postingan ini,saya mau menegaskan,disini saya mereview mesin overdeck messina tokyo secara objektif.

PLUS :

- Pengoperasian mesin overdeck portable messina tokyo ini sangat mudah banget.Sama seperti saya menggunakan mesin jahit atau mesin obras portable.Dan seperti yang diketahui portable itu tidak perlu meja khusus yah

- Cara pasang benang di mesin overdeck messina tokyo ini sangat mudah loh,cuman beberapa step saja.Selain itu kalo bingung lagi pasang benang,Ada penuntun warna dan juga bagan untuk pasang benangnya.Saya kemarin coba pasang 2x belajar langsung bisa pasang sendiri :)

-Setting mesin overdeck portable messina juga mudah,hampir sama seperti setting di mesin obras portable.Tension untuk tegangan benang,Difefrential feeds untuk jenis-jenis kain,Stich Length untuk panjang jahitan.

-  Bisa digunakan untuk 3 benang maupun 2 benang.Untuk 3 benang:berarti satu looper dan  dua untuk jarum (2 jahitan lurus bagian atas) .Sedangkan untuk 2 benang ,berarti satu looper dan satu untuk jarum atas (1 jahitan lurus).
2 jarum menggunakan 3 benang

Mencopot 1 jarum jadi tinggal 1 jarum dan 2 benang

- Ada fitur Free arm,yaitu bagian body depan ada yang bisa dilepas dan itu memudahkan banget utuk menjahit lengkungan seperti bagian lengan.


-  Saya kemarin mencoba di beberapa jenis kain kaos dan bisa dilibas dengan baik,dengan cara merubah settingan differential feeds.
Mencoba dengan kain kaos sisa-sisa :))
masih ingat kain ini??iyah ini kain sisa bikin cardigan.
-  Listrik 90 watt
-  Harga.nya affordable berkisar di 2 jutaan.
-  Garansi 1 Tahun

Minus : 
Ada satu dan ini gak terlalu penting sih,tapi karena saya ini mereview dan boleh donk jadi orang yang perfectionis.

Ada satu jalur benang yang tidak dipakai & kosong,mungkin itu bisa digunakan untuk jarum tambahan.Jadi ada 3 jarum diatas dan 1 looper dibawah dan menghasilkan 3 jahitan lurus diatas ,1 jahitan loop dibawah.Tapi memang jarang sih kita melihat ada 3 jahitan lurus berjejer pada tepian kaos,tapi daripada mubadzir kan yah.Mungkin kalo jadi mesin overdeck 3 jarum hasilnya begini .
sumber : sew4home.com
Kesimpulan : 
  • Saya suka banget dengan messina tokyo.Ini seperti angin segar dan juga jawaban bagi ibu-ibu yang tanya ke saya tentang mesin overdeck portable dan sering kali keliru dengan mesin obras portable.
  • Pengunaan dan pemasangan benang yang mudah,cocok untuk yang baru belajar menggunakan mesin overdeck.
  • Messina tokyo ini,mesin overdeck portable pertama di indonesia.Kalo tanya merk lain belum ada yah ibu-ibu untuk saat ini :).Oh iyah kalau mau tau lebih banyak tentang mesin overdeck coba search di google dengan kata kunci "coverstich machine" (coverstich bahasa inggrisnya overdeck)
  • Harga.nya terjangkau 

Harga mesin overdeck messina tokyo di singer store pengampon : 2,5 juta + FREE pelatihan dan dapatkan gift tambahan dengan kata sandi "tau dari blog emakwatik"
SINGER STORE  yang saya kunjungin kemarin lokasinya di
Ruko Pengampon Square
JL. Semut Baru Blok D - 01
Telp (031) 3552905 - Ibu Din
  
atau beli Mesinna Tokyo secara Online di LAZADA atau Mataharimall.com

Harga Mesin Overdeck Mesinna Tokyo di LAZADA  2,4 juta (klik langsung ke LAZADA) atau 2,5  juta di Mataharimall.com (klik langsung ke mataharimall)

Nanti di postingan yang lain bakal saya bahas cara setting mesin overdeck portable.Next time yah next time.Fotonya sudah ada kok dan kemarin sudah saya catat secara detail.

  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. Wah,,,, dah lama juga cr refrensi. Emang sih masih refrensi doang. masih ngumpul uang buat beli. Tp alhamdulillah ya, seneng banget ad review begini. Tenang mak, Aq udah share dr fb.

    BalasHapus
  2. maaaakkkk
    RACUN ini
    R-A-C-U-N
    hahaha

    walaupun udah ada singer HD4423 + 14HD854 di rumah teteup masih pengen yang ini
    aduh aduh aduh aduh aku ngerayu suami lagi aaahhh

    eh emakwatik gak beli juga ta? belio maaakkk aku menanti review lanjutannya hehehe

    BalasHapus
  3. Mba watik maaf oot. Mau tanya kalo kebaya kelepet itu pake kancing apa ya? Makasih

    BalasHapus
  4. Aahhh, aku pikir mesin overdeck mahal, ternyata 2 jutaan aja dapet ..aahhhhhhhhh

    BalasHapus
  5. Kalau jahit kaos apa cukup dengan mesin ini? Atau perlu yg lain utk jahit apa?
    Apa mesin ini bisa utk kemeja?

    BalasHapus
  6. Mbak wati, kl mesin neci yg bagus, murah n nggk rewael apa yach? Sy juga lg blajar otodidak soalnya mbak.

    BalasHapus
  7. mba klo videonya gda iya..
    saya liat di youtube baru ada yg mesin obrasnya iyaa

    BalasHapus