Belajar Menjahit bukan Belajar Membuat Pola

March 07, 2016

BELAJAR MENJAHIT AGAR SENANG BUKAN JADI GILA
(free copyright image)
Pertanyaan seperti "mbak aku baru banget mau belajar menjahit nih..oh iyah ajarin membuat pola donk" atau "mak share donk cara membuat pola dan mesin jahit yang bagus buat aku apa yah?"Sering  mampir di email emakwatik@gmail.com atau di Inbox Facebook Page Emakwatik.Setelah membaca-baca pertanyaan seperti itu saya kerasa werr wess.Bukan kenapa - kenapa sih tapi jendela kamar belum ditutup dan angin berhembus kencang.Oke saya tutup dulu yah jendelanya.

Mungkin para pemula yang mau belajar menjahit masih dalam dogma "belajar menjahit adalah belajar membuat pola".Okey mungkin memang iyah tapi itu nanti dulu ada saatnya.Berdasarkan pengalaman saya,belajar menjahit itu sangat berbeda jauh dengan belajar membuat pola.Mungkin belajar membuat pola lebih cocok ketika kita sudah menguasai beberapa teknik menjahit,atau sudah pernah melihat pola baju sudah jadi atau lebih cocok penjahit kelas intermediate.

why??

Karena menurut pengalaman saya *lagi* yang di awal belajar menjahit dan sok-sok beli buku membuat pola baju,perasaan saya langsung BETE!Mana nih bagian yang nyenengin??mana nih bagian jahitnya??Lah kok saya disuruh belajar menghitung dan membuat garis??Gimana saya ngukur badan saya??Lalu saya tinggalkan itu semua dan saya mencoba datangi sebuah tempat les jahit dengan gembira.Sampai sana sedihnya datang ketika saya tanya kurikulum les jahit disana dan ibu guru bercerita kalo di awal akan banyak diajarin membuat pola terlebih dahulu (Ini kursus yang waktu itu saya datangin dekat rumah,mungkin berbeda kurikulum dengan kursus yang lain..mending tanya ajah dulu kurikulumnya siapa tau berbeda)

Saya gak pengen bikin pola,saya tau diri,saya ini masih belajar kelas kecebong.tapi saya ingin menjahit yang gak susah,gak rumit dan hasilnya langsung nyata,bukan fata morgana dan bisa dipamerkan.Apalagi *pamer* instagram @emakwatik kemarin  habis di follow dan beberapa foto dilike di komenin seleb sewing diy @sarahtyau ,aku adem panas cinn!Percayalah memfoto hasil jahit kita dan dipamerkan di social media adalah sebuah candu dan pegakuan dunia.

Back to story,sepulang dari tempat kursus tadi saya langsung ngambek dan cerita ama ibu saya yang pernah les jahit.Ibu saya mengiyakan perasaan ngambek saya.Dulu katanya waktu dia belajar menjahit feels so boring dan bikin dia gak mood.Entahlah itu hanya alasan ibu saya yang beneran atau hiperbola takut di titipi hafsa yang waktu itu masih menyusui.*minta digampar ama ibunya*.Tapi saya kemudian disodorin buku les jahit ibu jaman dahulu.Saya buka isinya dan merasa pernah lihat,yah elah ini mah sama dengan buku membuat pola yang ada di toko buku.

Dogma "belajar menjahit adalah belajar membuat pola" mungkin berawal dari jaman bahula.Dulu kata ibu saya pola menjahit jadi itu ada di majalah wanita.Ukuran polanya 1 banding 1 tapi ukuran badan cuman untuk S-L kalo orangnya gendutan yah mana bisa.Terasa terbatas banget.Bandingkan dengan saat ini,kita tinggal ambil smart phone,buka google,ketik keyword "free sewing pattern" FOILA!!!

Kamu mau cari pola apa ajah ada coy..mau bikin tas??mau bikin dekorasi rumah??Sampai mau bikin baju yang simple?adaaaaaa.Tinggal download dan Print.Gak cuman itu ajah,tutorialnya dibuat lengkap dan detail.So terimakasih untuk ibu- ibu yang rela membuat tutorial dan pola gratisan untuk dibagikan.Mari kita doakan agar mereka banyak rezeki.Apabila kamu gak mau ribet ngeprint dan habis dapet bonusan dari boss.Kamu bisa beli buku yang udah dapet tutorial plus pola plus ukuran badan yang beragam.Gendutan??gak usah khawatir cari ajah buku menjahit baju untuk plus size bahasa alusnya gendut .Kita tinggal di zaman yang semua di enak-enakin ajah.(baca REVIEW BUKU JAHIT EMAKWATIK )

Sekarang untuk semua yang lagi baru belajar,mari kita belajar menjahit terlebih dahulu seperti menjahit lurus,lengkung,belajar menjahit yang rapi (baca : tips menjahit lurus dan rapi ) dan tentunya belajar menjahit yang menyenangkan.Kalo sudah merasa tertantang untuk bikin pola baju sendiri.Monggo silahkan!Tentukan sendiri apa yang membuat kalian pas dan menyenangkan.Karena sesungguhnya menjahit adalah pelarian dari stress.Syukur- syukur kalo jahitan sudah bagus bisa di bisnis.kan jadilah duit.

Kalo emakwatik??Saat ini saya baru serius memasuki belajar membuat pola,yang maksudnya bener-bener serius.Karena ksaya sudah bisa sedikit merasakan bila ada something wrong dengan pola yang saya buat.Mungkin karena sudah sering melihat pola jadi yang udah bener dan dibuat oleh yang ahli.Ada yang bilang menjahit juga perlu firasat.Emang cuman marcell ajah yang punya firasat??Firasat ini rasa rindukah atau tanda bahayaa *diguyang air seember biar mingkem*



PS: Tulisan ini tidak menyudutkan les jahit manapun,Ini hanya opini saya pribadi sebagi orang yang belajar menjahit dengan cara menyenangkan.

You Might Also Like

8 comments

  1. Hahahahaa lucu banget mbak tulisannya.. tku ya mbak bener2 masukan bagus buatku yg baru mau memulai belajar jahit..

    ReplyDelete
  2. Benar2....ga paham dunia menjahit.
    Belajar sama siapa???

    ReplyDelete
  3. hallo emak watiiikk salam kenal aq mey.. kebetulan saya sedang ingin belajar menjahit dan hari ini saya kebetulan baru beli buku sama persis seperti yang makwati share yaitu bukunya soekarno. tadinya saya berniat untuk kursus jahit tetapi karena jadwalnya mentok sama kerjaan kahirnya diputuskan untuk membeli buku belajar menjahit dasar terlebih dahulu. berharap untuk bisa menjahit secara otodidak. hehehe. klo boleh tau makwati belajar menjahitnya otodidak dah??? atau pernah ikut les???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belajar otodidak kok mbak.kalo saya di bookmark browser hape maupun di komputer isinya gak jauh-jauh dari jahit menjahit..Suami saya apalagi sungguh support banget.
      Jangan langsung bikin pola sih mbak..bikin project yang simple-simple dulu atau beli buku membuat baju yang udah pola jadinya.

      Delete
  4. Aduh telat aku baca postingan ini mbak.. Aku ikut kursus jahit baru 2 minggu, ampuun pusingnya bikin pola,hitung2, ukur2 pake skala. Malah gambar pola itu aku ga kebayang dimana letak bentuk aslinya di baju �� . Tapi lumayan deh buat isi waktu luang..

    ReplyDelete
  5. Makasih ilmunya semoga banyak rejeki mba

    ReplyDelete
  6. Makasih ilmunya semoga banyak rejeki mba

    ReplyDelete

Subscribe