tips membeli jarum organ

By emakwatik - 5/07/2015

Beberapa hari yang lalu di grup ada yang posting tentang salah beli jarum.Dalam hati kok bisa yah salah beli jarum.Ternyata gak main-main cuy,ini jarum mesin jahit yang dimaksud merk organ.Jarum organ harganya lebih mahal daripada jarum mesin jahit yang biasa beredar macam merk singer atau butterfly (kalo jarum mesin jahit merk butterfly ini kayak habis diputus sepihak ama pacar..Rapuh banget..dikit-dikit patah)

Saya pertama kali tau jarum organ,dari bawaan mesin jahit brother yang saya beli.Beneran loh saya dulu ini buta banget ama mesin jahit,jadi cuman asal nginjek pedal..gak tau deh ama yang namanya jejaruman gini.Kenapa kok jarum organ lebih mahal daripada jarum merk singer dll??Dari material jelas lebih bagus dan kalo dipakai di meisn rasanya menul-menul enak,gak gampang putus.Tapi karena kurang enak dikantong,maka saya pake jarum mesin jahit singer yang lebih murah dan lebih mudah didapat.Saya masih ada kok sisa jarum  organ yang bawaan dari brother,status jarumnya di anak emaskan.For special occasion 


Back to topic.Kok bisa sih salah beli..emang gimana to??emang ada berapa macem sih jarum organ itu??Biasanya saya beli jarum mesin jahit cuman nyebutin ukuran jarum yang diinginkan,contoh nomer 13,nomer 16 dsb atau tujuan.nya untuk jahit bahan apa.Setelah browsing ehlalalala ternyata jarum organ ini macemnya buaanyak..Banyak beneran suer!
Saking banyaknya sampai ada panduan membeli jarum organ dalam bentuk PDF (kalo mau download silahkan disini).Begitu dibuka....jeng jeng jeng.Buset banyak bener macam jarumnya.

Balik ke jarum dan tips membeli jarum organ,ternyata setelah baca PDF tadi ternyata intinya ada di code jarum.
  
Perhatikan kode di kemasan Jarum

  • HA untuk mesin jahit rumahan,it means mesin jahit portable atau mesin jahit kepala hitam yang jadul.itu.
  • DB untuk mesin jahit high speed,maksud high speed adalah mesin jahit industri yang seperti ini
  • DP untuk mesin jahit embroidery atau bordir.
  • DC untuk  mesin obras








Kalo merujuk panduan masih ada lagi jarum lebih khusus.Contoh untuk mesin jahit rumahan ingin jahit bahan kulit saja HA X 1LL.Tapi kalo gak ada bisa pakai yang HA X 1 saja.

Untuk nomer jarum sih sama saja kok.Saya pernah menulis tentang nomer jarum mesin jahit di post
mengenal jarum mesin jahit by emakwatik

Contoh kalo saya mau beli jarum organ untuk mesin jahit brotehr saya,saya beli jarum organ HA 1X 14.Oh yah yang bawaan dari brother juga nomer 14 kok karena nomer 14 bersifat universal.

Selesai sudah pembahasan tentamg jarum jahit organ.Selamat membca PDF.nya (kalo andda mendownload) dan selamat berhunting jarum organ.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Brother sewing machines are perfect for beginners who are new to sewing machines and want to discover their abilities in sewing and stitching.
    Visit Here - https://www.gtnsewing.com/brother-industrial-sewing-machines.html

    BalasHapus
  2. Saya penegn pakai jarum organ untuk mesin portable singer 4432 kode HA x1. Tp ko kepala jarumnya pas dipasang ga masuk ke tiang jarum ya ka??

    BalasHapus