review mesin jahit singer 1306

By emakwatik - 6/13/2016

Pasti setelah membaca judul postingan ini kalian akan bertanya? "Lah si watik punya mesin jahit lagi??".Tidak guys.Aku tidak sekaya yang kalian fikir.Aku ini biasa ajah kok orangnya *lempar-lempar duit dari pesawat*

Jadi ceritanya saya ini kan sayang dengan para readers emakwatik.com (u should love me too),mengirimkan email ke beberapa merk mesin jahit terkenal di Indonesia.Isinya adalah emakwatik ingin mereview mesin jahit tipe tertentu,terutama untuk para penjahit pemula.Dari beberapa merk mesin jahit yang saya kirimin email,yang memberikan respon cuman Singer indonesia.

Singer Indonesia kontak saya,dan mempersilahkan datang ke singer store surabaya yang lokasinya di Ruko Pengampon Surabaya .Selain mereview saya juga bertanya-tanya banyak hal seputar mesin jahit dengan para staff singer indonesia yang super ramah banget,dan nantinya akan saya tulis di postingan tersendiri, kalo ditulis disini sih bakal panjang ngalahin Uttaran cin.

Sebelum berlanjut ke inti dari postingan ini,saya mau menegaskan.Disini saya mereview mesin jahit singer secara objektif bila bagus saya bilang bagus kalo gak yah saya berikan nilai minus.

REVIEW MESIN JAHIT SINGER 1306


- Mesin jahit singer tipe 1306 ini adalah seri mesin jahit portable untuk para penjahit pemula.Selain singer tipe 1306 ada juga sodaranya yaitu singer tipe 8280.

- Memiliki 9 Pilihan Langsung  Jahitan (6 Pola jahitan), 4 Langkah Lubang kancing , Tombol  Jahitan mundur dan Lampu Led Putih


 

- Sama seperti mesin jahit portable pada umunya yaitu tidak butuh meja khusus dan hemat listrik. Untuk singer tipe 1306 listriknya 70 Watt.


- Pertama kali saya melihat mesin jahit singer tipe 1306 ini saya terkejut karena body.nya lebih kecil daripada mesin jahit portable saya dirumah.Tapi begitu di coba untuk menjahit,tidak ada bedanya sama sekali.Suaranya halus jahitannya rapi.Begitu diangkat juga terasa seperti mesin jahit portable biasanya tapi gak seberat mesin jahit singer heavy duty.


- Tidak seperti saudaranya yaitu singer 8280 maupun mesin jahit heavy duty ,yang memiliki knob tersendiri untuk mengatur lebar jahitan.Singer tipe 1306 memang tidak banyak pengaturan,panjang jahitan lurus maupun lebar jahitan zig-zag ,jadi satu dengan knob model jahitan.

-Mesin jahit ini bisa dipakai untuk menjahit bahan tebal,maupun bahan yang butuh perhatian khusus.Tinggal mengganti settingan tension,jarum dan juga mengganti sepatu mesin jahit.(baca : tips memilih sepatu mesin jahit)

-Aksesoris bawaan dari singer adalah jarum,bobbin,pendedel,kuas pembersih mesin jahit ,sepatu jahit resleting,sepatu lubang kancing,sepatu universal dan penutup plate.



-singer tipe 1306 dapat menggunakan sepatu jahit yang satu set.


-Sayang sekali bawaan low shank dari singer untuk tipe 1306 ini terbuat dari plastik.Tapi bisa diganti kok dengan besi.Tinggal beli low shank adaptor di toko-toko mesin jahit maupun di singer store,atau kalo kalian sudah punya sepatu jahit yang satu set ,low shank adoptor sudah include didalamnya.



- Dibandrol dengan harga 1,750 jt di singer store resmi,harga yang sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan kompetitor dari merk lain,dengan pasar yang sama yaitu untuk para penjahit pemula.Saat kunjungan ke singer store kemarin saya langsung tanyakan kenapa lebih mahal sih?Mereka menjawab mesin jahit singer menjamin kalo mesin jahit mereka bagus selain itu after sales yaitu service dan sparepartnya mudah didapat .Saya setuju after sales singer memang oke banget.Dimana-mana ada.

Kesimpulannya adalah singer tipe 1306 ini adalah versi paling basic keluaran singer dan sangat mudah digunakan.Kalo kamu ingin belajar menjahit dan kemudian pengen punya usaha kecil-kecilan seperti terima jahitan di rumah maupun membuat produk-produk handmade skala kecil, pake mesin jahit singer 1306 sudah mumpuni kok.

Harga Mesin Jahit Singet tipe 1306 di SINGER STORE RESMI  adalah 1,750 juta dan FREE Pelatihan

SINGER STORE & SERVICE PLUS yang saya kunjungin kemarin lokasinya di
Ruko Pengampon Square
JL. Semut Baru Blok D - 01

atau beli Mesin Jahit SINGER 1306 secara Online di TOKOPEDIA

Harga Mesin jahit  SINGER tipe 1306 di BUKALAPAK adalah 1,6 juta (klik langsung ke BUKALAPAK) 

Bila akhirnya beli online dan pengen ikut pelatihan di Singer.Bisa juga kok dengan tarif resmi dari singer indonesia sebesar 100ribu kalian bisa ikut pelatihan.Asalkan mesin jahit yang kalian bawa adalah merk singer yah.Dibawah ini saya sertakan foto tarif service mesin jahit dan pelatihan di singer store dan service .
Standart biaya  di Singer Store (klik gambar untuk melihat lebih besar)

SINGER STORE & SERVICE PLUS yang saya kunjungin kemarin lokasinya di
Ruko Pengampon Square
JL. Semut Baru Blok D - 01
Telp (031) 3552905

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. mbak, kalau MJ singer portable ini bisanya untuk jahit apa aja ya?
    kalau buat jahit dari kain kanvas atau linen gitu bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak,kalo lebih tebal lagi sepatunya diganti pake walking foot

      Hapus
    2. mba, walking foot itu yg spt apa ya?

      Hapus
  2. saya baru nemu blog inih. keren mah....

    BalasHapus
  3. mba mau tanya, singer yang ini ada fungsi mengatur panjang dan jarak jahitan ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak...seperti hevay duty 4411 itu sudah ada atau yang kayak punya saya 4423.kalo dirange harga 2 juta itu sudah bisa ngatur jarak&panjang jahitan

      Hapus
  4. Halo mba, saya baru beli mesin jahit singer start noh. Nah mau tanya mba, apakah bisa untuk jahit kain kanvas ya?? Trus bagaimana cara mengganti jarum dan sepatu jahit? Hehe maklum nga bs ikut pelatihan krn anak masih baby.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak..email aku yah di emakwatik@gmail.com ..nanti aku kasih tau.soalnya butuh gambar sih yah.dan mudah kok sebenernya

      Hapus
  5. Hallo, mbak... izin ngintip2 blog yaaa....

    BalasHapus
  6. Halo mbak, blog nya informatif sekali. Kebetulan aku rencana mau beli mesin jahit baru, karena yang lama sering rewel (lungsuran dari Ibuku hehe). Aku biasanya jahit tas & dompet dari bahan karung goni, nah apa mesin jahit seri start ini mampu atau aku harus beli yang seri heavy duty?

    BalasHapus
  7. Halo mbak.. salam kenal.. mbak,bole minta pendapatnya ga? Mana yg bagus beli mesin jahit online ato beli Langsung ke toko singer nya..klo saya bandingkan harganya beli online gtu jauh lebih murah drpd beli ke toko nya lgsung. Kmrn saya liat utk tipe singer 8280 newgen di Lazada cuma 2,1 jt , tp klo beli ke tokonya hrganya 3,2 jt. Saya bingung, knp hrganya bs beda jauh bgt y.. sharing pendapatnya dunz mbak..saya dipadang -sumatera barat..makasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak salam kenal yaa. Sama mbak, aku lagi dilema juga ini, harga di online lebih murah biasanya, tapi harus perhitungkan ongkir & asuransi juga kalo menurutku, kan barang elektronik gitu takutnya kenapa-napa di jalan. Aku agak khawatir kalo beli barang elektronik via online sebetulnya. Aku malah curhat, gpp ya mbak ikut nimbrung hehe

      Hapus
    2. Hai mba, saya baru liat2 blog ini. Pertanyaan kita sama. Eh ternyata belom dibales sm emak watik ya. Jadi gmn mba, udh jadi beli blm? Saya jg di Padang. Kmrn liat harga di brosurnya di PA trus saya bandingin sm di olshop jauh ya harganya. Cuman kalo beli langsung gratis pelatihan katanya selama 5 hari. Dijamin lgsg bisa jahit. Bahasa promonya sih gitu. Mak watik bantu jawab kegalauan kita dong. Hehe. Makasih yaa

      Hapus
  8. jadi mbak,, ketimbang mesin jahit brand lain,, lebih bagus ambil ini aja ya untuk badget under 2 jutaan>?

    BalasHapus
  9. Salken mak, aku baru mau belajar jahit. Tapi masih galau mau beli merk apa, pengennya sih yang bisa dipake buat jahit bahan rajutan. Mohon pencerahnnya ya mak ^.^

    BalasHapus
  10. Sy baru beli kemarin mbak, lumayan buat pemula kaya sy yang kerjaanya ngededel mulu ��. Beli ditoko tiga asemka harganya 1.550, ditraning juga gimana cara makenya.Tinggal ganti" sepatu sesuai kebutuhan. Mesin ini juga bisa semi obras kata masnya.

    BalasHapus
  11. Mesin ini bisa buat neci juga ga ya mba? Lagi nyari meain jahit yg bisa jahit sekaligus neci juga.. Pinggiran jilbab..

    BalasHapus
  12. mba saya baru beli mesin singer 1306 kemarin,tapi pas saya coba mesinnya bising dan mesinnya juga tidak jalan. Saya sudah beri minyak tapi masih tetap seperti itu,mohon pengarahannya mba. Saya masih belajar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. errr harusnya sih enggak yah...mbak anisa katanya mesin gak bisa jalan,tapi kok mbak bisa bilang mesin bising..nah ini jadinya jalan apa gimana?bingung akunya.

      Hapus
  13. terima kasih infonya mbak...kebetulan saya pingin sekali mempunyai mesin jahit.
    Dana yang tersedia tidak lebih dari 2jt.

    BalasHapus