ISTILAH - ISTILAH MESIN JAHIT PORTABLE

By emakwatik - 2/16/2016


Ini adalah postingan kedua dalam serial BELAJAR MENJAHIT untuk PEMULA,Yap setelah kita membeli mesin jahit,pastilah bingung..bagian ini apaan fungsinya..yang ini kalo diputer ke kanan jadi gimana yah.Well sebenernya semua jawaban keresahan kalian setelah face to face dengan mesin jahit baru kalian ada di buku petunjuk mesin jahit.

Yah yah yah i know yang namanya buku petunjuk kertasnye putih tulisannya item,mengingatkan kita akan LKS jaman kita sekolah dan bawaan.nya adalah ngantuk.Apalagi nih apesnya kalo kita dapet buku petunjuk dalam bahasa inggris.Saya yang bahasa inggrisnya kaya isi dompet,selalu PAS-Pas.an..langsung obrak-abrik cari kamus oxford waktu saya kopdar ama mesin jahit saya.FYI saya belajar menjahit tahun 2011 dimana android dan smartphone adalah cupu,dan yang keren gaul dan hits Bebe Gemini!

Lagi-lagi dengan ketulusan hati yang mendalam untuk bikin kalian yang memulai menjahit supaya gak galau berkelanjutan apalagi menyerah di awal dan memanfaatkan sedikit lengang waktu saya dimalam hari diantara nonton film korea,maka saya membuat foto dengan penjelasan apa saja maksud dan nama bagian - bagian body dari mesin jahit portable.Sekaligus rangkuman dari halaman depan buku petunjuk mesin jahit portable kalian.Maafkanlah bila foto kurang keren,atau penjelasan kurang di pahami.But at least i try dan saya ini cuman ibu rumah tangga yang suka makan bakso.(ada yang mau nraktir?)

Here...we..go dengan model Mesin Jahit saya BROTHER XL 2600i,yang belum kenalan  dengan mesin jahit saya silahkan tengokin blogpost saya (baca : Review Mesin Jahit Brother Emakwatik )



Mari kita bahas satu persatu yah bagian -bagian dan istilah - istilah dalam mesin jahit portable
  • Needle Thereader  Tarik kebawah dan sejajarkan dengan jarum saat memasang benang,karena Fungsinya sebagai mempermudah memasukkan benang atas ke dalam jarum.So say goodbye ama yang namanya benang di emut-emut dulu terus dimasukin ke jarum.Itu benang sodara-sodara bukan permen jadi gak usah di emutin.
  • Pengatur tension  Tension fungsinya adalah mengatur ketegangan benang biar rapi jali jahitan.Pernah liat jahitan yang ada bendul-bendulnya dan mudah merudul?itu dikarenakan tension.nya kurang pas.Penjelasan tension rada panjang dan lebar,suatu saat akan saya bahas di postingan yang berbeda.Ingetin saya yah!
  • Pengatur Lebar Jahitan  Nah kalo yang ini fungsinya adalah mengatur lebar jahitan yang ada hubungan lebar-lebarnya seperti zig-zag.Semakin besar angakanya maka semakin lebar.Kayak kita kan,makin besar angka ditimbangan niscaya makin lebar.Well gak itu ajah,si pengatur lebar jahitan ini juga berfungsi sebagai penggeser jarum bila kita memilih model jahitan lurus.Untuk jarum di tengah pilih angka 2,5 dan bila angka makin besar maka jarum makin ke kiri,sebalinya bila angka makin kecil maka posisi jarum makin ke kanan.
  • Bobbin Winding  Fungsinya adalah mengisi benang ke bobbin.Jadi tinggal injek pedal mesin jahit maka si bobbin winding akan bikin bobbin muter dan benang terisi.Saya gak ngebayangin ngisi benang ke bobbin pake manual,gak cuman keriting nih tangan naik level jadi kriwul.
  • Hand Wheel  Puter ke kanan dan ke kiri untuk naikin dan turunin jarum secara manual.
  • Pengaturan Panjang Jahitan  Berfungsi untuk mengatur panjang jahitan untuk model jahitan lurus,Contohnya kalo kita ngesum (bukan mesum loh yah) pakai mesin jahit karena pake tangan males,nah kita bisa atur settingan ke jahitan yang paling panjang.Paling besar nomernya makin panjang.Nah kalo sudah balikan lagi ke normal,biasanya untuk jahit katun saya pakai di settingan "2,5" .Terakhhir yang paling penting ketika kalian ngejahit jangan diatur di angka "0" ,karena gak bakalan jalan.Settingan di angka "0"  dipakai untuk bikin lubang kancing.
  • Knob memilih model jahitan  Silahkan diputer-puter untuk memilih model jahitan.Mau zig-zag tinggal puter,mau jahit lurus tinggal puter lagi.Sesuaikan nomer dengan gambar yah.
  • Jahitan Mundur Fungsi dari jahit mundur adalah sebagai pengaman jahitan kita biar gak mberidil.Coba tekan deh nanti kainnya bisa maju-mundur-maju-mundur cantik.
  • Naik turun sepatu jahit Oke jadi kalo kalian angkat berarti sepatu akan naik,nah kalo diturunin maka kain akan ngejepit dan siap untuk di jahit.PSsstt ada satu tips dari saya,seumpama nih kalian mau ngejahit kain yang tebel,meski sudah diangkat sepatu mesin jahitnya kok masih gak bisa masuk nih kain ketebelan,coba deh angkat ke atas lagi tearik keatas...nah bisa lebih naik lagi kan sepatu jahitnya.
  • Tempat Bobbin dan bobbin Untuk model mesin jahit portable saya menggunakan top loading,so lebih mudah masang bobbin.nya.Jadi kalo seumpama kalian bertanya-tanya apa sih maksud top loading.Nih saya kasih foto zoom.nya yah
    Nah yang dimaksud tempat bobbin.nya adalah seperti dibawah ini yang sebelah kiri,dan yang saya pegang itu namanya bobbin.
  • Sepatu mesin jahit  Wah kalo yang ini sih silahkan baca postingan saya yang ini yah (baca : tips memilih sepatu mesin jahit ) . Di postingan saya yang itu sudah saya bahas lengkap beserta jenis-jenis.nya.
  • Feed Dog  Jadi feed dog ini bentuknya kayak gigi-gigi gitu dan fungsinya untuk bikin kain maju ke depan saat kita menjahit.Beberapa mesin jahit punya fitur droop feed,so si feed dog.nya bisa diturunin dan biasanya dipakai untuk free motion.Sayang.nya untuk mesin jahit saya gak bisa dipakai untuk drop feed,tapi mesin jahit adik saya singer heavy duty 4423 bisa.(baca : REVIEW mesin jahit singer heavy duty by emakwatik )
  • Free Arm  Biasanya kalo ngelihat spesifikasi mesin jahit portable,kan ada tuh yang namanya free arm.Yang dimaksud free arm adalah body depan bisa dilepas dan memudahkan kita untuk ngejahit yang melengkung seperti lengan,cuff kemeja dan kerah baju.Oke lebih jelasnya saya kasih gambar.nya yah

    Sekian dulu belajar menjahit untuk pemula episode kedua dengan tema istih - istilah mesin jahit portable dan mengenal tentang bagian dari mesin jahit portable.Yap saya tahu postingan ini panjang banget kayak puisi mantan minta balikan.Tapi saya harap postingan ini mampu mengobati kegalauan di masa awal belajar menjahit anda.

    Jangan lupa ajak keluarga,teman PKK,teman pengajian,teman arisan,teman kantor,teman nganter anak sekolah atau siapapun yang kalian ingin ajak belajar menjahit bersama.Yuk bareng-bareng ngerasain me-time dengan menjahit.

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Mbak bobbin sama sekoci itu beda atau sama

    BalasHapus
  2. Kalau janome 311a, 1008,plt 3312 lebih baik pilih yg mana ya?

    BalasHapus
  3. Makkk, bantu aku :(
    1) Kalo mesin jahit Singer Simple 3221 itu perlu dikasih oli gak? kalo iya, kapan waktu terbaik untuk ngasih olinya? dan dibagian mana aja?
    2) Waktu aku beli sebulan yang lalu, kata mas mas nya si Hand Wheel gak boleh sama sekali diputar kebelakang, apa iya? apa akibatnya kalo aku putar kebelakang?
    3) Gimana cara bersihin Feed Dog di mesin jahitku? dibuka sendiri pakai obeng? soalnya di buku petunjuk tdk dijelaskan makkkk :( takutnya jadi kenapa-napa
    4) Gimana cara menentukan lebarnya bias tape tergantung baju yang mau dibuat?
    Aku udah kirim email tp takut emak lama bacanya krn aku tau aku bukan satu-satunya muridmu.. thankyou emak cantik ;)

    BalasHapus
  4. Mb saya mau tanya kalau mesin brother gs2700 sma singer 2332 lebih baik pilih yg mana trimaksh

    BalasHapus
  5. Tolong buat vidio cara menggunakan sepatu flower stitch foot di mesin jahit portable,dan minta nomir WA emak watik

    BalasHapus
  6. Kakak merek mesin jahit portable apa saja yg geriginya bisa di naik turunkan,singer,brother,janomi,juki dan type apa saja trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari yang ada fitur drop feed.nya yah

      Hapus
  7. Mba klo jahit quilting bgmn stelan benangnya ?

    BalasHapus